Yen Jepang Ungguli USD Karena Harapan Pemangkasan Agresif Fed

Permintaan Yen Jepang akhirnya kembali melonjak dalam perdagangannya terhadap Dolar AS di hari Selasa kemarin (20/8). Sebelumnya Yen mengalami penurunan permintaan karena perubahan arah suasana risiko pasar karena beberapa peristiwa dagang dan politik global.  Penguatan kali ini terjadi setelah adanya spekulasi mengenai keputusan bank sentral AS yang akan memangkas suku bunga dengan nada agresif membuat permintaan USD menurun.

Saat sesi dagang hari Rabu (21/8) Yen Jepang sedang diperdagangkan di sekitar level harga 106,32 terhadap USD atau mengalami penurunan tipis sekitar 0,09 persen. Sementara itu pada hari Selasa kemarin, Yen sempat menguat dengan baik mencapai 0,38 persen terhadap USD. Adanya ekspektasi pemangkasan suku bunga oleh Fed dengan agresif sebelumnya disampaikan oleh CME Group melalui alat FedWatchnya.

Ekspektasi Pemangkasan Fed

Saat ini para pelaku pasar dan investor melihat bahwa Ketua Fed Powell akan melakukan pemotongan suku bunga pada bulan September mendatang. Berdasarkan alat yang dimiliki oleh CME Group tersebut menampilkan bahwa kemungkinan pemotongan suku bunga sebesar 25 basis poin sekitar 95 persen dan akan menyeret suku bunga AS menuju ke 1,75-2,00 persen.

Bahkan masa depan suku bunga AS pada bulan Desember mendatang, berdasarkan alat tersebut diprediksi menuju ke 1,25-1,5 persen dengan tingkat kemungkinan 50,4 persen. Dengan kemungkinan yang tinggi melebihi 50 persen, maka pasar bisa menyimpulkan bahwa Fed akan memangkas suku bunga sebanyak tiga kali dengan masing-masing sebesar 25 basis poin.

Tim analis Danske Bank yang diketuai Mikael Olai Milhoj memberikan prediksi dan yakin bahwa Fed akan melakukan pemangkasan kembali sebesar 25 basis poin. Pemotongan ini akan terjadi dalam lima kali kesempatan, dimana masing-masing 25 basis poin. Sehingga pada bulan Maret 2020 tingkat suku bunga AS akan sampai di sekitar level 0,75-1,00 persen

Baca Juga:   EURUSD Pulih Dari Terendah Meski Risk Off Masih Cukup Mendominasi

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar