Wall Street Melonjak Kembali Setelah Pidato Pernyataan Trump Atas Iran

Perdagangan saham untuk kawasan Amerika kemarin berhasil menutup hari Rabu dengan catatan yang positif. Wall Street menutup hari dengan zona hijau seperti pada indeks Nasdaq yang berhasil melonjak sampai 0,70 persen.  Kembalinya para pedagang saham terjadi setelah konflik antara AS dan Iran mulai mereda.

Tadi malam waktu Amerika, Presiden Trump menyampaikan pernyataan resmi terkait penyerangan Iran yang menyasar pangkalan udara AS di Irak. Trump mengatakan bahwa tidak akan melakukan aksi militer secara langsung sebagai balasan. Trump mengatakan lebih cenderung akan memberlakukan sanksi ekonomi tambahan bagi Iran. Pernyataan yang dingin ini membuat ancaman perang dunia kembali mereda dan mengembalikan selera risiko pasar.

Para pedagang mulai mengincar kembali aset-aset berisiko di Wall Street. Selain Nasdaq, beberapa saham AS juga melonjak seperti DJIA yang berhasil menutup hari Rabu dengan kenaikan 0,60 persen. Indeks S&P 500 juga mencatat kinerja positif dengan kenaikan 0,50 persen semalam.

Beberapa ahli analisa menyampaikan bahwa langkah yang diambil oleh Presiden Trump sangat cocok untuk kondisi saat ini. Pernyataan yang disampaikannya telah membuat para pelaku pasar dan investor merasakan optimisme untuk kedepannya. Direktur Operasi NYSE UBS yaitu Art Cashin mengatakan bahwa saat ini Presiden Trump telah meredakan kekhawatiran pasar dan bisa menikmati pasar reli.

Dalam pernyataan resmi semalam, Trump juga mengatakan bantahan atas klaim dari Iran bahwa ada pasukan AS yang menjadi korban dalam penyerangan tersebut. Dilansir dari AFP, Trump mengatakan tidak ada warga AS yang menjadi korban atau terluka dalam serangan itu.

Beberapa pemimpin negara di dunia dan beberapa organisasi perdamaian dunia juga akan terus berusaha untuk mendinginkan hubungan geopolitik antara AS dengan Iran. Langkah-langkah ini akan terus menjaga pasar akan tetap baik terutama Wall Street AS.

 

Baca Juga:   Dolar AS Meroket Setelah The Fed Pangkas Suku Bunga

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar