Wakil Gubernur PBoC: China Akan Berkoordinasi Dengan Pembuat Kebijakan Global, Ekonomi China Akan Kembali Bangkit Sesuai Prediksi

Wabah virus Corona yang terus memburuk di beberapa negara meningkatkan ancaman terjadinya krisis ekonomi dunia dalam waktu dekat. Sementara itu melihat kondisi ini, pejabat dari PBoC meminta kepada para pembuat kebijakan global untuk terus meningkatkan koordinasi kebijakan.

Dilansir dari Reuters, pejabat PBoC mengklaim bahwa langkah dari China cukup berhasil untuk mengatasi virus Corona. Apalagi bank sentral China atau PBoC masih memiliki kekuatan untuk mendukung ekonomi China dengan kebijakan-kebijakan lain.

Koordinasi China Dengan Global

Sementara itu wakil gubernur PBoC yaitu Chen Yulu mengatakan bahwa gubernur PBoC telah melakukan pembicaraan dan saling tukar pendapat dengan Ketua Fed, Powell. Selain itu tukar pendapat juga dilakukan bersama dengan IMF dan lembaga-lembaga keuangan lainnya.

Chen mengatakan bahwa virus ini menyebar di dunia dengan sangat cepat sekali. Koordinasi kuat sangat dibutuhkan oleh dunia internasional. Beberapa kebijakan makro seperti bidang kesehatan warga, perdagangan, dan fiskal serta moneter perlu diambil dengan serius. Chen mengatakan China akan aktif untuk membantu untuk memulihkan kondisi dari keterpurukan ini.

Chen mengungkapkan bahwa ekonomi China akan mampu pulih menuju ke prediksi pertumbuhan sebelumnya. Peningkatan ekonomi mungkin akan terjadi sangat signifikan dalam waktu tiga bulan kedepan. Sebelumnya memang pertumbuhan China diprediksi akan anjlok menuju ke paling lemah sejak tahun 1976 lalu. Perlambatan paling suram diprediksi akan terjadi pada kuartal pertama tahun 2020.

Sebelumnya PBoC telah memberlakukan beberapa kebijakan untuk menjaga ekonomi China agar lebih baik di tengah wabah virus Corona. PBoC melakukan pemangkasan suku bunga pinjaman dan memberikan pinjaman yang terjangkau untuk perusahaan yang terdampak virus Corona. Langkah itu diharapkan akan bisa menekan pukulan pada ekonomi akibat wabah virus Corona yang menyerang.

 

Baca Juga:   Belanja Modal Melonjak Setelah Kenaikan Pajak Penjualan Jepang, Akibat Dampak Negatif Perang Dagang

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar