Wabah Virus Corona Semakin Memburuk, WHO Terus Mengambil Langkah

Kemarin Dirjen Organisasi Kesehatan Global atau WHO yaitu Tedros Adhanom memberikan pernyataan terkait nama baru untuk serangan wabah virus Corona yang saat ini terjadi. Virus yang saat ini sedang menyerang merupakan tipe baru dari Novel Coronavirus dan diberikan nama Covid-19. Bahkan jumlah korban tewas dan positif terinfeksi di seluruh dunia terus mengalami peningkatan sangat pesat.

Sikap WHO

Untuk korban yang positif terjangkit saat ini sudah berada di angka 42.708 dan untuk korban tewas lebih dari 1000 jiwa. Tedros mengatakan bahwa wabah virus Corona menjadi salah satu ancaman yang sangat serius bagi kehidupan dunia ini. 

Dari keseluruhan laporan, 99% datang dari China sehingga China sedang dalam keadaan darurat virus. Ungkapan tersebut disampaikan oleh Tedros dalam pertemuan untuk percepatan penemuan vaksin yang berlangsung di Jenewa.

Tedros sendiri berharap bahwa dari pertemuan itu akan bisa ditemukan alur penelitian untuk menemukan obat penawar. Dalam pertemuan itu dihadiri lebih dari 400 ahli penelitian dan China serta Taiwan turut ikut melalui video konferensi.

Tedros juga mengungkapkan inti dari semuanya adalah sikap solidaritas yang tinggi terutama terkait lebih terbuka dalam berbagai sampel. Pasalnya untuk bisa menemukan vaksin wabah virus Corona, dibutuhkan rasa yang adil dan terbuka untuk membagi sampel. Sesuai dengan prinsip keadilan dan juga kesetaraan.

Bahkan dia juga mengingatkan dalam pertemuan tersebut, penyebaran virus kepada orang yang tidak pernah melakukan kunjungan ke China, maka menjadi sebuah sulutan api yang bisa semakin membesar. Tedros mengungkapkan tim ahli bidang kesehatan dari WHO sudah tiba di China pada hari Senin kemarin.

Tim tersebut juga akan melakukan penyelidikan wabah virus Corona dan bertemu dengan Presiden Xi Jinping. Bahkan untuk bisa mengirim Tim tersebut, butuh waktu sekitar dua pekan karena sikap dari otoritas China yang tertutup.

 

Baca Juga:   Saham Asia Melonjak Setelah Langkah Perdagangan China

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar