Virus Corona Membawa IMP Inggris Menuju Ke Terendah 1998 Lalu

Ekonomi inggris terus tertekan karena serangan virus Corona yang mengganggu semua aktivitas perekonomian. Sebagai langkah penanggulangan, pemerintah Inggris telah meluncurkan stimulus yang lebih besar untuk mendukung perusahaan-perusahaan yang terdampak virus Corona. Sementara itu data fundamental Inggris terus menampilkan hasil yang suram salah satunya yaitu Indeks Manajer Pembelian.

Data itu disampaikan dengan hasil penurunan menuju ke level paling rendah sejak 1998 lalu. Data menuju ke level 34,5 dari laporan sebelumnya yang berada di 53,2 pada bulan Maret. Untuk skor IMP Komposit juga anjlok menuju ke 36,0 dari sebelumnya yang berada di 36,0. Salah satu bagian ekonomi Inggris yang terpukul adalah sektor jasa. Berbagai usaha mulai menutup aktivitasnya mulai dari perbankan, kesehatan sampai industri kreatif.

Poundsterling Lemah Kembali

Dampaknya mata uang Poundsterling Inggris harus tunduk terhadap Dolar AS dalam perdagangan beberapa hari terakhir. Bahkan saat ini ancaman yang sangat dekat adalah pemutusan hubungan kerja yang akan berdampak signifikan pada ekonomi Inggris. Tingkat pengangguran mungkin akan melonjak tinggi menuju ke puncak sejak krisis keuangan global 2008 lalu.

IHS Markit mengatakan IMP Output Komposit merosot tajam bersamaan dengan aktivitas jasa yang sangat leus. Banyak toko-toko yang tutup untuk mengurangi penyebaran wabah virus Corona. Hasil IMP terbaru tampak konsisten terhadap penurunan di atas 1,5% kuartal ke kuartal dalam PDB.

Untuk mendukung ekonomi Inggris, pemerintah meluncurkan stimulus fiskal dan berbagai macam bantuan seperti pinjaman bunga ringan, pengurangan pajak, subsidi jadi dan bantuan lainnya. Dalam rentang waktu dua pekan terakhir sudah ada klaim tunjangan pengangguran yang mencapai angka 1 juta orang. Federation of Small Business dan juga Corporate Finance Network memberikan peringatan perusahaan bisa kolaps jika tidak diberikan dana segar.

 

Baca Juga:   Dolar AS Memantul Di Titik Support, Menunggu Data Untuk Arah Selanjutnya

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar