USDJPY Meneruskan Konsolidasi Tadi Malam, Menunggu Arah Risiko Selanjutnya

Sepanjang sesi Asia hari Kamis ini (6/8) pasangan mata uang USDJPY hari ini bergerak di sekitar nilai tukar 105,46 sampai dengan 105,61 dan bertahan di 105,49. Sebelumnya pasangan sempat mengalami penurunan ringan karena adanya nada pelemahan di sekitar mata uang Dolar AS. Dengan posisi hari ini yang bergerak dalam ruang sempit, Dolar AS gagal untuk bisa memanfaatkan momentum kenaikan yang terjadi akhir Juli kemarin ke nilai tukar 106,00.

Justru USDJPY hari ini berada di nilai tukar yang lebih rendah dan bisa saja kembali mengunjungi titik lebih rendah di sekitar 105,20. Sementara itu pada perdagangan tadi malam, mata uang Dolar AS memang tidak menampilkan kinerja yang suram melawan Yen Jepang. Mungkin masalah ini masih di bawa sampai sesi Asia hari Kamis pagi. Tapi melawan mata uang utama negara G 10, Dolar AS tampak mengalami pelemehan yang luas.

Sementara itu untuk tingkat imbal hasil obligasi Treasury AS dalam 2 tahun mampu bergerak lebih tinggi menuju ke 0,12%. Kemudian untuk yield Treasury AS dalam 10 tahun juga mampu bergerak optimis bangkit menuju ke 0,55%. Mungkin nada ini yang sempat membantu Dolar AS bangkit saat sesi awal Asia tadi pagi.

Kondisi Ekonomi AS

Data ekonomi AS untuk bulan Juli dilaporkan dengan hasil campuran. Tapi banyak yang menilai bahwa bulan Juli telah terjadi banyak penurunan. Untuk data semalam mengenai perubahan ADP naik 167K untuk bulan Juli lebih kecil dari harapan awal di 1.200K. Data ini akan mempengaruhi harapan data NFP besok.

Data lain seperti aktivitas sektor jasa ISM juga naik ke 58,1, pesanan baru naik sampai ke 67,7 disusul aktivitas bisnis yang bangkit ke 67,2. Sayangnya tingkat lapangan pekerjaan masih rendah sampai turun ke 42,1. Banyak yang ragu ekonomi AS bisa pulih di tengah tingginya angka pengangguran.

 

 

Baca Juga:   Data Perdagangan China Pulih Signifikan, Menandai Ekonomi Mulai Tumbuh

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar