USDJPY Mendaki Karena Optimisme Perdagangan, Data Ketenagakerjaan AS Negatif Menjadi Beban

Pergerakan pada pasangan mata uang USDJPY hari ini terus mengalami kenaikan yang cukup moderat. Kenaikan ini dilatarbelakangi oleh permintaan Yen Jepang yang mengalami penurunan akibat optimisme perdagangan antara AS dengan China. Sehingga status Yen Jepang sebagai aset safe haven mulai ditinggalkan dan berpindah ke aset yang berisiko.

Sentimen Risiko Hidup Kembali

Sejak pekan lalu permintaan aset penghindaran risiko seperti Yen Jepang dan juga logam mulia emas sudah mengalami penurunan yang sangat besar. Pasalnya konflik geopolitik yang terjadi antara AS dengan Iran mulai mengalami penurunan tensi. Sehingga perang yang bereskalasi lebih besar bisa dihindari.

Selain itu sejak beberapa pekan yang lalu para pelaku pasar dan investor sangat menunggu acara utama penandatangan kesepakatan dagang tahap awal AS dan China. Presiden Trump dalam cuitan akun Twitternya mengatakan bahwa kesepakatan itu akan ditandatangani pada 15 Januari. Semakin dekat dengan tanggal tersebut, pasar semakin merasa optimis. Dampaknya USDJPY hari ini melonjak cukup baik karena suasana pasar yang positif.

Menteri Keuangan Steve Mnuchin juga sempat mengungkapkan rencana kedepan hubungan dagang AS dan China. Dia mengatakan bahwa akan ada pembicaraan terkait dengan kesepakatan dagang tahap dua. Pembicaraan itu akan dilakukan setelah kesepakatan tahap awal ditandatangani pada 15 Januari mendatang.

Tapi sayangnya kenaikan pasangan USDJPY hari ini mungkin masih terbatas dan cukup berat untuk meneruskan kenaikan. Pasalnya permintaan jual Dolar AS cukup tinggi dalam beberapa waktu terakhir akibat data dalam negeri yang mengecewakan.

Pada hari Jumat kemarin, Kantor Tenaga Kerja AS merilis data mengenai ketenagakerjaan. Hasil data itu menunjukkan bahwa pendapatan rata-rata per jam mengalami kenaikan 2,9 persen dari harapan awal di 3,1 persen dan NFP di 145K dari harapan awal di 165K. Hasil itu cukup membuat para pedagang merasa kecewa karena berisiko berdampak ke laju ekonomi AS.

Baca Juga:   Mata Uang Euro Semakin Merosot Karena Optimisme Perang Dagang, EURUSD Tertahan Di 1,0930

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar