USDJPY Memperpanjang Kenaikan Setelah Stimulus AS Senilai $1 Triliun

Mata uang Dolar AS menguat pada hari Kamis ini (19/3) terhadap pesaing-pesaing utamanya termasuk safe haven Yen Jepang. Saat ini pasangan sedang diperdagangkan di sekitar level harga 109,06 saat sesi Asia masih berlangsung.  Permintaan Dolar AS terus meningkat setelah adanya serangkaian stimulus dari para pembuat kebijakan global. Walaupun sampai sekarang prospek perekonomian global masih sangat suram.

Dengan kondisi Dolar AS menguat, maka pasangan berhasil untuk melonjak menuju ke puncak sesi yang sekaligus menjadi puncak sejak 28 Februari lalu. Namun sayangnya USDJPY harus mengalami kemunduran kembali menuju ke sekitar level harga 108,70 atau telah mencatat kenaikan 0,70 persen.

Langkah Pemerintah AS

Beberapa negara di dunia terus memberlakukan karantina dan pembatasan aktivitas demi menekan penyebaran virus Corona. Terganggunya aktivitas ekonomi terutama di kawasan Eropa dan AS akan menyebabkan dampak perlambatan pertumbuhan yang sangat signifikan. Pemerintah AS terus melangkah maju untuk bisa menekan dampak ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi Corona.

Kemarin setelah lolos di parlemen AS, RUU virus Corona juga berhasil lolos dari Senat AS. Dengan keberhasilkan ini maka UU akan segera dijalankan dengan isinya seperti cek kesehatan Covid-19 secara gratis dan cuti kerja tanpa potong gaji. Besaran bantuan yang akan dirilis oleh pemerintah AS adalah senilai $1 Triliun dengan penyaluran yang terbagi-bagi menjadi beberapa sektor.

Optimisme penanganan itu yang mungkin mendukung Dolar AS menguat saat ini. Namun saat ini efek dari adanya langkah kebijakan berupa moneter atau juga fiskal hanya akan berlaku sebentar. Mengingat adanya harapan bahwa vaksin virus Corona dikembangkan atau jumlah kasus akan membesar dengan cepat. Kondisi tersebut menyebabkan ekuitas global kesulitan untuk menguat walaupun ada stimulus dari AS yang memiliki nilai sangat besar.

Baca Juga:   Emas Malah Tersungkur Setelah Pengumuman Rate Cut FOMC

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar