USDJPY Hari Ini Pulih Di Tengah Pelemahan Dolar AS yang Luas

Pergerakan pasangan mata uang USDJPY hari ini mengalami momentum pembalikan bangkit dari titik yang paling rendah mingguan sekitar 20 pips. Untuk beberapa waktu terakhir ketika sesi awal Eropa hari Rabu (5/8) pasangan bergerak di sekitar nilai tukar 105,70. Beberapa katalis menjadi faktor penggerak pasangan USDJPY sejak sesi Asia dan sampai sesi awal Eropa.

Sebelumnya pasangan terus mencatatkan penurunan yang cukup dalam sepanjang pekan ini menjauh dari tertinggi di 106,45. Bahkan sepanjang sesi-sesi Asia pasangan masih mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya adalah posisi Dolar AS yang kembali mengalami pelemahan cukup tajam. Penurunan Dolar AS mengabaikan data manufaktur AS yang lebih tinggi dari prediksi awal.

Dolar AS Sempat Tertekan

Namun bagaimanapun juga para pelaku pasar dan investor sangat khawatir dengan kondisi ekonomi AS. Pasalnya meski sektor IMP manufaktur mampu pulih, banyak yang mempertanyakan apakah ekonomi AS mampu bangkit ketika angka pengangguran masih sangat tinggi.

Kemudian beban yang membawa USDJPY hari ini sempat turun adalah ketidakpastian stimulus fiskal yang sedang dibicarakan oleh para pembuat kebijakan AS. Para regulator terus pecah pendapat mengenai RUU stimulus ekonomi lanjutan tersebut. Sehingga berita terbaru mengenai rencana stimulus itu akan tetap menjadi katalis penggerak mata uang Dolar AS.

Meskipun pada akhirnya beberapa waktu terakhir mata uang Dolar AS mampu pulih dari titik paling rendahnya. Sehingga mendorong pasangan USDJPY untuk bangkit juga dari titik paling rendah yang dicetak sebelumnya.

Pergerakan pasangan USDJPY hari ini selanjutnya akan fokus ke rilis data ekonomi AS nanti malam. AS akan merilis data mengenai perubahan ADP ketenagakerjaan AS swasta. Selain itu IMP sektor bukan manufaktur ISM juga akan menjadi data yang ditunggu para investor.

 

Baca Juga:   Masalah Hong Kong Menjadi Masalah Baru dan Mengganggu Kesepakatan Dagang AS-China

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar