USDJPY Hari Ini Naik Setelah Data Jepang Mengecewakan, Menunggu Katalis Selanjutnya

Sepanjang sesi awal Eropa hari Selasa (30/6) pasangan mata uang USDJPY hari ini mampu mencatatkan kenaikan yang cukup besar. Tapi sayangnya beberapa saat setelah itu tidak ada tindak lanjut yang jelas untuk mencatat kenaikan lebih tinggi. Pasangan tetap berada dekat dengan level yang paling rendah sejak tiga pekan terakhir yang dicatatkan pada hari Senin kemarin.

Sebelumnya pasangan USDJPY mampu bangkit dari titik yang paling rendah di sekitar 106,00. Level itu juga merupakan level yang paling rendah sejak tujuh pekan terakhir. Pada pergerakan naik ini, pasangan memang terus positif sepanjang sesi Asia. Tapi pada sesi Eropa ini tidak ada tindak lanjut yang jelas. Pergerakan naik pasangan saat sesi Asia didukung oleh data ekonomi Jepang yang mengecewakan.

Faktor Penggerak Hari Ini

Jepang merilis data mengenai produksi sektor industri dan tingkat pengangguran untuk bulan Mei. Data itu lebih rendah dan menyebabkan Yen Jepang melemah walaupun sebenarnya aliran risk off masih bertahan di pasar keuangan global. Dukungan bagi Dolar AS juga datang dari data IMP manufaktur dan bukan manufaktur China yang lebih tinggi dari prediksi. Selain itu secara luas Dolar AS juga sedang dalam pemulihan yang cukup baik baru-baru ini.

Tantangan kenaikan USDJPY hari ini masih tetap datang dari kondisi pandemi yang dilaporkan terus memburuk. Serangan gelombang kedua pandemi semakin parah di beberapa negara utama seperti AS, China, Jepang dan negara-negara lain. Aliran permintaan Yen Jepang bertahan karena banyak yang tidak lagi mengharapkan pemulihan ekonomi global. Karena kondisi pandemi yang masih buruk.

Pergerakan pasangan USDJPY hari ini akan terus fokus ke arah sentimen risiko global. Selain itu data ekonomi AS nanti malam juga akan menawarkan peluang dalam jangka pendek. Kesaksian Fed Powell juga akan terus diperhatikan.

 

Baca Juga:   Fed Tetap Mempertahankan Kebijakan Moneter Sesuai Dengan Prediksi Sebelumnya

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar