USDIDR Turun Kembali Menunggu Katalis Penggerak Utama

Pergerakan pada pasangan mata uang USDIDR tampaknya mampu mencatatkan pemulihan tipis. Namun secara luas Rupiah hari ini masih sangat mendominasi pergerakan pasangan dengan mencatatkan penurunan 0,20% menuju ke 14.662 mendekati pembukaan sesi Eropa. Sebelumnya bahkan Rupiah menyeret USDIDR menuju ke terendah di 14,511 dan memiliki batas atas yang berada di 14,766.

Tampaknya bias kenaikan mata uang Dolar AS akan berusaha untuk mengawasi sebuah garis trend melonjak sejak 1 Juli dan berbatasan langsung dengan SMA 200 yang berada di 14,470. Jika memang batasan-batasan sisi atas itu berhasil dihancurkan, maka peluang USDIDR untuk naik akan sangat tinggi. Tapi akan tetap menunggu katalis utama penggerak pasar hari Jumat ini (31/7).

Upaya Rupiah hari ini untuk bisa mendominasi pergerakan USDIDR akan menghadapi beberapa tantangan teknikal. Sebelum bisa kembali merebut kembali angka bulat di 14.000, USDIDR harus mampu membersihkan tahanan di atasnya yang berada di 14.275. Kemudian jika memang tahanan di 14.000 bisa kembali dilewati, maka target selanjutnya lebih rendah ke 13.850.

Sementara itu untuk kenaikan, jika berhasil membersihkan tahanan di sekitar nilai tukar 14.750, maka pasangan akan kembali melonjak lebih tinggi sampai ke 14.958 dan sasaran selanjutnya bisa sampai ke 15.000 dan juga 15.020.

Katalis Penggerak USDIDR

Beberapa masalah global mungkin akan menjadi katalis penggerak kedepannya. Dominasi Rupiah hari ini bisa dikaitkan dengan posisi Dolar AS yang terus melemah hebat sampai ke 92,65. Data PDB AS tadi malam dilaporkan lebih dari dari prediksi.

Tapi bagaimanapun juga masih menggambarkan bahwa ekonomi AS sangat tertekan akibat pandemi ini. Kemudian pembaruan konflik AS-China dan juga pembaruan berita virus Corona mungkin akan mampu menggerakkan USDIDR untuk beberapa waktu kedepan.

 

Baca Juga:   Rupee India Tertekan Setelah Prospek Ekonomi Menjadi Negatif, USD/INR Menunggu Kabar Perdagangan

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar