USDIDR Melonjak Setelah Inflasi Indonesia Lebih Rendah Dari Harapan

Data ekonomi Indonesia mengenai tingkat inflasi tadi saat sesi Asia dilaporkan mengalami perlambatan untuk bulan Juni 2020 ini. Data itu disampaikan oleh Badan Statistika Nasional dengan rincian dimana inflasi 2020 di bulan Juni turun sampai 1,96%. Data itu lebih rendah dari apa yang diharapkan sebelumnya yaitu di 2,19%. Walaupun lebih tinggi dibandingkan dengan data sebelumnya yang berada di 1,84%, tapi Rupiah hari ini tetap melemah.

Data ekonomi Indonesia ini tampak mengalami perbaikan yang tipis tapi masih rendah dari apa yang diharapkan sebelumnya. Pasalnya Indonesia belum bisa lepas dari pandemi virus Corona. Walaupun sudah ada upaya pemerintah untuk membuka kembali sektor-sektor ekonomi. Banyak sekali sektor yang sangat terpukul akibat pembatasan sosial. Salah satunya adalah kenaikan pengangguran yang akan berdampak juga ke tingkat belanja konsumen.

Sementara itu angka inti tahunan mencapai level 2,26% lebih rendah dari apa yang diharapkan sebelumnya di 2,46% dan data sebelumnya yang berada di 2,65%. Data ini mungkin juga menjadi penyebab Rupiah hari ini cenderung mengalami pelemahan. Pasangan mata uang USDIDR mengalami kenaikan sampai 0,95% menuju ke nilai tukar 14.315 menjelang pembukaan sesi Asia di hari Rabu (1/7).

Katalis Luar Negeri

Selain dari masalah dalam negeri pada ekonomi Indonesia, penentu pergerakan pasangan USDIDR juga akan datang dari dinamika sentimen risiko global. Beberapa berita utama akan mampu menjadi katalis penggerak pasangan kedepannya.

Penggerak itu seperti berita mengenai pembaruan hubungan antara AS-China. Pasalnya China mengatakan keberatan atas keputusan AS mencabut status istimewa Hong Kong. Selain itu berita mengenai pandmei gelombang kedua yang terus meluas juga menjadi fokus para investor. Sementara itu untuk hari ini investor mungkin akan fokus ke rilis data ekonomi dari AS nanti malam.

 

Baca Juga:   Saham Asia Bergerak Campuran Di Tengah Sikap Investor Menunggu Pertemuan AS-China

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar