USDIDR Berusaha Bangkit Kembali, Menunggu Katalis Penggerak Utama

Mata uang Rupiah hari ini tampak mengkonsolidasikan beberapa kenaikan yang tercatat di hari sebelumnya. Menjelang pembukaan sesi Eropa, pasangan USDIDR mengalami kenaikan menuju ke nilai tukar 14.273. Secara luas pasangan mengalami bias bearish mundur secara perlahan sejak tanggal 9 Juni kemarin. Pergerakan itu tergambarkan pada support garis tren turun jangka pendek. Bahkan SMA 200 juga masih belum mampu ditembus dan menahan upaya kenaikan.

Selain berusaha untuk menembus SMA 200, pergerakan USDIDR hari ini juga akan menguji beberapa batas atas lainnya. Dolar AS harus mampu menumbangkan Rupiah dan menembus nilai tukar 14.38 yang dicetak pada hari Kamis kemarin. Selanjutnya harus mampu menembus 14.490 yang merupakan puncak tertinggi pada 11 Juni kemarin. Jika Rupiah hari ini melemah lebih panjang, maka pasangan bisa berusaha menembus tahanan tersebut.

Jika memang permintaan Dolar AS masih cukup mendominasi, maka pasangan bisa saja menembus penahan utama di puncak 11 Juni tersebut. Selanjutnya akan berusaha untuk menantang puncak tertinggi dalma bulanan yang berada di 14.610. tahanan itu akan menjadi tahanan utama sebelum USDIDR mampu kembali menuju ke atas angka bulat 15.000.

Sementara itu bias penurunan bisa terlihat jika support trend turun berhasil ditembus. Jika angka bulat di 14.000 berhasil hancur, maka pasangan bisa menargetkan 13.850. dan berlanjut menuju ke 13.600 yang merupakan lembah bulan Februari.

Fokus Pergerakan

Rupiah hari ini akan terus memantau beberapa masalah global yang membebani. Konflik dagang AS yang terus meluas akan menawarkan penjualan mata uang Garuda tersebut. Apalagi Rupiah masih cukup tertekan dengan kondisi pandemi di Indonesia yang belum ada tanda-tanda perbaikan. Pergerakan USDIDR mungkin akan tetap fokus ke dinamika sentimen risiko globa. Selain itu beberapa data ekonomi dari AS juga akan menawarkan peluang jangka pendek.

 

Baca Juga:   Pemerintah AS Mengalokasikan $19 Miliar Untuk Sektor Pertanian AS yang Terdampak Virus Corona

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar