USDCNH Hari Ini Melonjak Setelah Data Akhir Pekan China Negatif, Menunggu Kabar Perdagangan

Pasangan mata uang USDCNH hari ini mengalami lonjakan menuju ke level harga 7,0300 saat pasar China mulai dibuka pada hari Senin ini (9/12). Para pelaku pasar dan investor mungkin memberikan respon atas rilis data perdagangan dari China yang dilaporkan pada akhir pekan kemarin. Sementara itu beberapa kabar negatif dari Hong Kong juga menjadi beban tersendiri bagi Yuan China.

Data Negatif China

Tingkat ekspor China dilaporkan mengalami penurunan menuju ke -1,1 persen dari prediksi awal di +1,0 persen selama bulan November. Sementara itu untuk impor mengalami lonjakan +0,3 persen dari harapan awal di -6,4 persen. Untuk neraca perdagangan China dilaporkan berada pada level $38,73 Miliar dari harapan awal pasar di $46,3 Miliar.

Sementara itu Global Times China terus mengabaikan perang dagang dengan AS yang selama ini terus menjadi alasan utama kekhawatiran. Selain itu Financial Times juga memberikan saran agar kantor pemerintahan China tidak menggunakan komputer pribadi asal luar negeri dan perangkat lunaknya paling tidak selama tiga tahun.

Penggerak USDCNH hari ini juga datang dari laporan Bloomberg yang memberitakan bahwa terjadi gelombang demonstrasi paling besar selama beberapa bulan terakhir yang dilakukan pada hari Minggu kemarin. Saat ini juga terus berusaha mengantisipasi demonstrasi lebih banyak pada tahun 2020 mendatang.

Saat ini para pelaku pasar dan investor juga sedang khawatir menjelang pemberlakukan tarif baru dari AS terhadap produk China pada pertengahan bulan ini. Untuk USDCNH hari ini selanjutnya akan terus menunggu kabar utama dari perdagangan AS-China dan juga respon AS atas kabar dari Hong Kong yang memanas. Dengan adanya rencana pembatasan penggunaan komputer asing dan softwarenya juga menjadi katalis penggerak bagi pasangan USDCNH.

Baca Juga:   Suku Bunga Terlampau Rendah, Jepang Awasi Bank Agar Tetap Sehat

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar