Trump : AS Membutuhkan Tempat Yang Adil Terhadap Mata Uang China Yang Lebih Lemah Karena Yuan Menyentuh Posisi Terendah Tahun Ini

Presiden Donald Trump mengatakan China telah mendapatkan “keunggulan kompetitif yang luar biasa”. Itu dilakukan dengan melemahkan mata uangnya, dan bidang perdagangan perlu disetarakan.

Trump Menganggap China Mencurangi Perdagangan

Trump, selama wawancara telepon dengan CNBC’s “Squawk Box,” mengatakan kemampuan Presiden China Xi Jinping untuk secara langsung memengaruhi kebijakan moneter adalah keuntungan yang tidak adil. Trump membuat komentar ketika yuan Tiongkok diperdagangkan mendekati level terendah tahun ini terhadap dolar AS.

“Kita harus berhak memiliki lapangan bermain yang adil, karena Fed kita sangat, sangat mengganggu bagi kita,” katanya.

“Bahkan tanpa bidang permainan yang adil, kita unggul karena tarif menempatkan pada keunggulan kompetitif yang luar biasa”.

Trump mengatakan AS memutuskan untuk tidak menyebut China manipulator mata uang. Namun, ia menambahkan ada beberapa yang mengatakan China telah mengimbangi tarifnya dengan membiarkan mata uang jatuh.

“Jangan lupa, kepala Fed di China adalah Presiden Xi. Dia adalah presiden China. Dia dapat melakukan apapun yang dia inginkan. Mereka mendevaluasi, mereka melonggarkan atau Anda hanya akan mengatakan mereka memompa banyak uang ke China. Itu bisa mengurangi efek tarif”, katanya.

Trump telah berulang kali menyuarakan rasa frustrasinya dengan Federal Reserve karena menaikkan suku bunga tahun lalu. Baru-baru ini, Trump juga kecewa karena Fed tidak memotongnya. Namun, banyak pengamat Fed sekarang memperkirakan dua penurunan suku bunga tahun ini, mungkin secepat Juli.

Yuan Tiongkok pada hari Senin mendekati level terendah tahun ini, mendekati 7 dolar. Tingkat itu telah menjadi titik terendah untuk pasar di seluruh dunia. Jika ditembus, beberapa ahli strategi mengatakan itu dapat memicu reaksi negatif di pasar risiko secara global, karena investor bergerak ke harga dalam dampak yang lebih besar dari perang perdagangan yang lebih lama dan lebih kontroversial.

Baca Juga:   Harga Makanan Melonjak Di China, Dan Beijing Menunjukkan Kekhawatiran

Mata uang lepas pantai, atau CNH, yang diperdagangkan di Hong Kong dan lebih dipengaruhi oleh pedagang internasional, mencapai titik terendah 6.946 terhadap dolar. Yuan darat, CNY, lebih dikendalikan oleh bank sentral China, hanya di atas 6.93 Senin, terendah sejak November.

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar