The Fed: Gelombang Kedua Pandemi Membebani Pemulihan Ekonomi AS

Pada pertemuan tadi malam bank sentral AS memutuskan untuk tidak melakukan perubahan tingkat suku bunga dan tetap di 0,0%-0,25%. Dilansir dari Reuters, setelah mengambil kebijakan itu, Ketua Fed Powell memberikan pidato. Dia mengatakan bahwa saat ini ekonomi AS kembali mendapatkan tekanan dari upaya pemulihan. Penyebabnya adalah kenaikan kasus terbaru dan pembatasan aktivitas di beberapa negara bagian.

Harapan Pemulihan Ekonomi Surut

Powell juga mengatakan bahwa saat ini AS sudah masuk ke tahapan baru dalam penanganan pandemi. Pemerintah akan berusaha untuk melindungi kesehatan warga AS dan juga melindungi kondisi ekonomi AS yang juga terpuruk. Apa yang disampaikan Powell tersebut senada dengan apa yang diprediksi para ahli ekonomi sebelumnya. Dikatakan jumlah kasus yang membludak akan menghancurkan harapan pemulihan perekonomian di Amerika Serikat.

Powell mengungkapkan bahwa pemulihan ekonomi AS akan sangat berguna pada kemana arah perkembangan  virus Corona. Mengingat kondisi pandemi masih penuh ketidakpastian dengan jumlah kematian di AS sudah mencapai angka 150 ribu korban.

Meski prospek ke depan belum jelas dan cenderung mungkin bisa memburuk, The Fed tetap tidak melakukan perubahan kebijakan. Kemungkinan perubahan signifikan baru akan diambil pada saat musim gugur mendatang. Sambil menunggu bagaimana arah pandemi virus Corona dan bagaimana dampak stimulus ekonomi dari pemerintah AS pada berbagai sektor perekonomian.

The Fed berjanji untuk memanfaatkan sebuah alat kebijakan untuk bisa mendukung perekonomian. Suku bunga di level dekat nol persen akan dipertahankan selama itu masih dibutuhkan untuk membantu perekonomian.

Pasca kebijakan tersebut, pasar saham AS mengalami kenaikan sangat signifikan. Namun mata uang Dolar AS harus rela kembali melemah dan hancur menuju ke titik paling rendah terbarunya. Kabar mengenai pandemi akan terus menjadi sorotan global beberapa waktu kedepan.

 

Baca Juga:   Kekhawatiran Virus Corona Menyeret Aset Berisiko

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar