Terbaru, AS dan China Dirumorkan Akan Bertemu Pada 15 Agustus

Antara pejabat senior Amerika Serikat dan juga China disebut akan melakukan pertemuan untuk meninjau bagaimana implementasi dari kesepakatan tahap pertama kemarin. Dilansir dari Reuters yang mengutip dari Wall Street Journal, saat ini kedua belah pihak yang berseteru dalam konflik AS-China, akan melangsungkan pertemuan konferensi video pada 15 Agustus mendatang.

Sementara itu negosiator utama dari AS yaitu Perwakilan Dagang Robert Lighthizer dan juga wakil PM China Liu He akan turut ikut dalam acara tersebut. Pertemuan online ii akan menjadi pertemuan pertama dalam hal peninjauan kesepakatan dagang tahap pertama yang sudah berlangsung selama enam bulan sejak 15 Februari 2020 kemarin. Namun mengenai rumor ini, Departemen Perwakilan Dagang AS dan Keuangan AS belum memberikan komentar apapun.

China Belum Mengimplementasikan Secara Penuh

Salah satu masalah yang mungkin datang adalah realisasi kesepakatan yang belum sepenuhnya dijalankan oleh China dan sempat memicu konflik AS-China memanas kembali. Salah satunya adalah impor produk pertanian menuju ke China masih rendah di bawah 2017 lalu dan masih belum mencapai 50% dari apa yang disepakati sebelumnya.

Bahkan China hanya melakukan pembelian sekitar 5% produk energi dari AS dari keseluruhan kesepakatan pembelian sekitar $23 Miliar. Tentunya kesepakatan yang tidak dijalankan akan memicu kemarahan AS dan menimbulkan konflik AS-China yang panas kembali.

Tapi berdasarkan sumber yang sering membahas masalah ini, China sebenarnya ingin mengadakan pembicaraan untuk masalah yang berbeda. Dikatakan pertemuan akan membahas masalah lain diluar kesepakatan dagang AS-China.

Pertemuan ii adalah tinjauan semi tahunan yang normal dan dilangsungkan bersamaan ketika hubungan AS-China terus memburuk dan ada hal yang memang harus dibicarakan. Apalagi AS sendiri juga terus menekan China dengan banyak kebijakan seperti memblokir layanan TikTok dan juga sempat mengancam akan mengakhiri kesepakatan dagang.

 

Baca Juga:   USDJPY Hari Ini Naik Setelah Data Jepang Mengecewakan, Menunggu Katalis Selanjutnya

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar