Teknologi Huawei China Menjadi Ancaman Bagi Uni Eropa dan Amerika Serikat

Saat ini negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa akan menyatakan setuju terhadap kebijakan kolektif. Kebijakan-kebijakan ini nantinya digunakan dalam menghadapi adanya potensi resiko mulai digunakannya peralatan-peralatan dari Huawei China sebagai salah satu alat untuk mata-mata pada tahun ini. Berdasarkan berita dari South China Morning Post, Presiden Komite Ekonomi dan Sosial Eropa yaitu Luca Jahier mengungapkan bahwa Uni Eropa sudah sangat menyadari dan khawatir terhadap keamanan pada alat-alat yang dibuat oleh perusahaan teknologi raksasa asal China tersebut.

Respon Uni Eropa Terhadap Huawei

Luca Jahier juga mengungkapkan bahwa Uni Eropa saat ini sedang mendapatkan tekanan agar tidak menggunakan alat-alat dari Huawei China dengan peluncuran jaringan 5G terbarunya. Saat ini sudah banyak operator dari Uni Eropa yang sudah berupaya menjalin kontrak dengan vendor untuk peluncuran jaringan sekelas 5G. Perdagangan global sendiri juga sempat ramai dengan perdebatan mengenai resiko keamanan yang rendah dan dituduhkan kepada perusahaan Huawei. Perdebatan ini telah membuat Uni Eropa kembali mempertimbangan adanya pembatasan penggunaan produk telekomunikasi asal China.

Jahier juga mengatakan bahwa negara-negara anggota telah sepakat untuk mengambil tindakan sendiri untuk urusan dengan Huawei ini. Namun respon kolektif dan koordinasi belum disetujui oleh negara anggota Uni Eropa. Komisi Eropa sendiri telah mengajukan permintaan kepada negara-negara anggota agar secepatnya menyelesaikan analisa ancaman resiko yang disebabkan oleh teknologi Huawei dan pada pertengahan Juli mengirimkannya. Sementara itu analisa resiko koletif Uni Eropa akan dilakukan bulan Oktober mendatang.

Amerika Serikat sendiri juga telah mengungkapkan bahwa kehadiran perusahaan Huawei China tersebut sebenarnya telah menembar ancaman bagi keamanan negara-negara di Barat. Persaiangan dagang yang sehat akan selalu menghadirkan perselisihan antara Uni Eropa dengan China namun selalu ada jalan keluar untuk damai.

Baca Juga:   Sterling Jatuh Karena Tekanan Untuk Mundur Dari Brexit Bermunculan

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar