Surplus Perdagangan China Naik Namun Pasar Terbebani Impor Yang Suram, AUD Tetap Turun

Perdagangan pada hari Jumat (8/11) China merilis data mengenai neraca perdagangan. Data tersebut pada akhirnya dilaporkan lebih baik dari prediksi sebelumnya. Dengan data ekonomi China yang optimis maka memberikan dorongan penguatan bagi mata uang proksi China yaitu Dolar Australia.

Data Perdagangan China

Data mengenai neraca perdagangan China dilaporkan dengan hasil melonjak menuju ke $42,81 Miliar selama bulan Oktober. Laporan data tersebut lebih baik dari prediksi sebelumnya yang hanya berada pada $40,10 Miliar. Sementara itu data perdagangan lainnya seperti Impor mengalami penurunan 6,4 persen dalam tahun ke tahun pada hitungan USD dan 0,4 pada hitungan CNY. Untuk data mengenai ekspor juga masih turun 0,9 persen pada hitungan USD atau naik sebesar 4,9 persen dalam CNY.

Walaupun tingkat keuntungan perdagangan telah mengalami peningkatan, sayangnya data impor yang rendah memberikan isyarat bahwa permintaan dalam negeri sedang suram. Hal ini bisa saja memicu spekulasi pasar bahwa kekhawatiran mengenai perlambatan ekonomi global masih mengancam ekonomi China.

Kondisi ini menyebabkan penawaran beli yang terjadi di sekitar Dolar Australia tidak begitu kuat karena terbebani ekonomi China pada sektor impor yang lemah. Saat sesi Asia berlangsung di hari Jumat ini, AUDUSD sedang diperdagangkan di sekitar level harga 0,6882. Sepanjang perdagangan hari Jumat ini, pasangan telah kehilangan sebanyak 0,22 persen.

Dolar Australia masih bisa bergerak dengan baik setelah ketua Westpac mengatakan pelonggaran lebih banyak oleh RBA mungkin akan berdampak buruk bagi ekonomi Australia. Hal ini senada dengan apa yang diputuskan oleh RBA sebelumnya bahwa mungkin akan ada pelonggaran lanjutan.

Namun RBA juga menyampaikan pandangan negatif jika terus dilakukan pelonggaran kebijakan. Dengan banyaknya kemajuan perdagangan AS dan China maka diharapkan akan mulai mampu memulihkan ekonomi China dan AS yang jatuh karena perang dagang.

 

 

Baca Juga:   Trump Mengirim Surat Ke Kim Jong Un Korea Utara Menjelang Perjalanan Asia

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar