Suku Bunga Dasar Kredit Akan Turun, Keuntungan Bagi Dalam Negeri Australia

Berdasarkan Reuters, dikabarkan Westpac Banking Corp dan juga Australia and New Zealand Banking Group atau ANZ saat ini mulai menurunkan tingkat suku bunga kredit. Langkah ini diambil dengan tujuan untuk menguji sistem aplikasi dalam pengajuan kredit. Selain itu dari langkah ini juga diharapkan mampu membuat harga rumah menjadi lebih stabil.

Dua bank besar tersebut adalah salah satu dari keseluruhan sebanyak empat bank sebagai penyalur kredit yang paling besar dan mendominasi di kawasan Australia. Pemberlakuan penurunan suku bunga kredit ini merupakan sebuah wujud nyata dari aturan pemberian kredit yang mulai longgar dengan didasarkan pada resiko yang sebelumnya sudah disampaikan pembuat kebijakan awal Juli kemarin.

Sampai hari Selasa kemarin (16/7) Westpac diberitakan telah memberlakukan bunga sebesar 2,5 persen yang mana lebih rendah dari jumlah suku bunga dasar kredit. Besaran bunga yang ditetapkan oleh Westpac ini bahkan juga lebih rendah dari sebelum pembuat kebijakan Australia menetapkan kebijakan yang mencapai tingkat 7,25 persen.

Sebelumnya Australian Prudential Regulation Authority telah membatalkan aturan mengenai pemberlakukan batas bawah suku bunga yang dimaksudkan agar bisa menjadi stimulus sehingga perekonomian negara yang sedang lesu bisa hidup kembali. ANZ juga menyampaikan kepada para nasabah pada Jumat kemarin (12/7) bahwa suku bunga dasar kredit untuk pinjaman eceran akan mengalami penurunan menuju ke 5,5 persen berlaku mulai hari Senin (15/7).

Sementara itu hasil wawancara Reuters dengan salah satu juru bicara untuk Commonwealth Bank of Australia mengatakan bahwa mereka saat ini sedang menganalisa mengenai penurunan suku bunga dasar kredit yang menjadi salah satu uji coba pemberlakukan aturan yang baru. Juru bicara dari NAB juga menyampaikan bahwa sekarang merupakan saat yang tepat untuk melakukan perubahan pada suku bunga. Karena dari sisi industri suku bunga bisa saja akan semakin turun.

Baca Juga:   Saham Asia Menguat Menjelang Pertemuan Trump Dan Kim Di Vietnam

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar