Sinyal Dovish Dari BoE Carney Membuat Poundsterling Melemah

Kemarin pada sebuah acara workshop riset yang dilangsungkan oleh bank sentral Inggris, Mark Carney memberikan pernyataan yang membuat pasar berspekulasi. Dia mengatakan bahwa saat ini BoE telah siap melakukan tindakan sebagai respon ekonomi Inggris yang sedang melemah. Hal ini memicu spekulasi pelonggaran kebijakan lebih lanjut oleh BoE yang membuat permintaan Poundsterling melemah.

Mark Carney adalah Gubernur bank sentral Inggris yang akan menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur pada bulan Maret 2020. Carney juga sempat mengungkapkan bahwa harapan pertumbuhan ekonomi Inggris seperti apa yang disampaikan ahli ekonom BoE mungkin tidak bisa terwujud. Pasca pernyataan itu, Poundsterling melemah akibat adanya peluang pemangkasan suku bunga lebih lanjut.

Sementara itu saat ini peluang terjadinya Brexit tanpa kesepakatan sudah mulai mereda senada dengan pejabat Komisi Eropa dan Inggris yang kompak. Hal ini akan memicu tindakan dari bank sentral Inggris tepat setelah Inggris keluar dari Uni Eropa tepat waktu akhir bulan Januari mendatang. Pasalnya BoE sejak dulu mengatakan belum akan merubah kebijakan sebelum Brexit terselesaikan.

Spekulasi Pemangkasan Suku Bunga BoE

Analis dari Commerzbank, Thu Lan Nguyen mengatakan bahwa saat ini pedagang mungkin berspekulasi bahwa komentar bearish Carney mendapat persetujuan dari anggota BoE. Walaupun seperti itu, tapi saat ini pasar hanya bisa memberikan peluang sama besarnya 50 banding 50 pada peluang pemangkasan suku bunga tahun 2020 ini.

Thu menambahkan peluang pemangkasan lebih besar mungkin sebelum semester pertama tahun 2020 selesai. Hal itu yang memicu prediksi bahwa kemungkinan Poundsterling melemah lebih dalam lagi terhadap mata uang lainnya.

Memang beberapa bulan ini, data perekonomian Inggris dilaporkan mengalami perlambatan dari berbagai sektor. Dalam laporan tahunan, survei bisnis PMI manufaktur, penjualan eceran, produksi sektor industri, dan konstruksi serta perumahan mengalami perlambatan.

 

Baca Juga:   RUU Pajak Layanan Digital Perancis Hampir Disahkan, AS Memberikan Ancaman

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar