Setelah Panas Dengan China, AS Terancam Panas Dengan Perancis, Italia dan Inggris

Beberapa tahun terakhir pemerintah Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Presiden Trump terus melakukan langkah untuk memperbaiki perdagangannya. Bahkan berbagai jalan ditempuh untuk memperbaiki perdagangan AS termasuk memicu perang dagang dengan China. Bahkan saat ini hubungan dagang AS juga terancam panas dengan Uni Eropa akibat pajak layanan digital.

Sementara itu kemarin Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin dalam wawancara bersama Wall Street Journal menyampaikan kesepakatan dagang dengan China bisa dinamai dengan tahap “2A”. Dalam kesepakatan itu hanya akan fokus ke perjanjian pemotongan tarif impor, namun tidak menghapus secara keseluruhan.

Mnuchin menegaskan kembali bahwa kesepakatan dagang tahap kedua itu tidak akan terlalu signifikan pada perdagangan AS dengan China. Bahkan saat ini dirinya juga telah menyampaikan peringatan kepada Inggris dan juga Italia sebagai upaya memperbaiki perdagangan.

Ancaman Ketegangan AS dan Uni Eropa

Peringatan tersebut berupa ancaman kenaikan tarif produk yang masuk ke AS. Kenaikan tarif akan diberlakukan jika negara-negara itu tetap memberlakukan pajak bagi perusahaan yang bersifat multinasional yang bekerja pada penyedia layanan bentuk digital. Perusahaan asal AS yang fokus ke layanan digital seperti Facebook dan juga Alphabet yang merupakan induk dari perusahan Google.

Selain Inggris dan Italia, AS juga menyampaikan peringatan kepada Perancis yang sudah menerapkan pajak digital sejak pertengahan tahun 2019 lalu. Namun pemerintah Perancis masih menahan pemberlakukan pajak layanan digital itu setelah AS memberikan ancaman keras.

Sementara itu parlemen Italia dan Inggris sudah mengesahkan UU pajak layanan digital dan siap diberlakukan pada tahun 2020 ini. Mnuchin berpendapat bahwa pajak  digital seperti di Perancis merupakan penerapan pajak yang tidak adil pada pendapatan kotor. Sehingga AS mengharapkan agar Italia dan Inggris tidak menerapkan pajak tersebut. Pembicaran negara-negara itu akan dilakukan untuk menemui jalan keluar.

Baca Juga:   Theresa May Akan Mengundurkan Diri Sebagai Perdana Menteri Inggris Jika Kesepakatan Brexit Terjadi

 

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar