Setelah Naik Turun Karena Konflik Global, Hari Ini Emas Menghadapi Data NFP AS

Perdagangan logam mulia di hari Jumat ini (10/1) terpantau terus mengalami penurunan. Harga emas turun semakin dalam memperpanjang penurunan yang dicetak sejak dua hari yang lalu. Hari Rabu kemarin (8/1) permintaan logam kuning mengalami penurunan yang cukup besar. Pada awal perdagangan, sempat mengalami kenaikan besar sampai 2,35 persen. Namun sayangnya saat menjelang penutupan, emas merosot tajam dengan penurunan 1,5 persen.

Tidak berhenti di hari Rabu, perdagangan Kamis kemarin permintaan logam mulia mengalami penurunan lanjutan dengan kisaran 0,22 persen.  Sementara itu pada hari ini emas mengalami pelemahan sekitar 0,14 persen menuju ke level harga 1,550 saat sesi Eropa berlangsung.

Lonjakan sebelumnya harga emas terjadi setelah Iran melakukan penyerangan pada pangkalan udara milik AS yang berada di Irak. Pasca penyerangan, para pedagang memilih menghindari perdagangan pada aset berisiko dan membuat safe haven emas melonjak sangat tinggi.  Penyerangan itu adalah aksi balasan atas tewasnya Jenderal Militer Iran, Qassem Soleimani yang diserang oleh militer AS beberapa hari sebelumnya.

Para pelaku pasar dan investor merasakan kekhawatiran yang sangat mendalam. Pasalnya konflik kedua negara berpotensi mengirim menuju ke perang dunia ketiga yang lebih buruk lagi. Bahkan permintaan logam mulia melonjak membuat harga sampai ke level 1.600 per troy ounce. Namun semua itu harus luntur setelah Trump memberikan pidato yang mendinginkan ketegangan kedua negara.

Fokus NFP AS

Untuk hari ini, harga emas akan mendapatkan cobaan kembali dari data ekonomi AS. Malam ini AS akan merilis data mengenai Non Farm Payrolls yang akan terus diperhatikan oleh para pelaku pasar. Pasalnya dari data ini bank sentral AS akan menentukan bagaimana arah kebijakan moneter selanjutnya. Posisi emas yang tetap tinggi sebelumnya karena Fed menahan kebijakan pada akhir tahun kemarin.

 

Baca Juga:   Dolar AS Menguat Tipis Ketika Resesi Semakin Mengancam

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar