Sempat Turun Karena Suku Bunga Negatif BoE, GBPUSD Melanjutkan Bias Bearish Karena Risk Off

Kabar ekonomi Inggris saat ini dilaporkan bahwa Gubernur BoE mendukung kebijakan suku bunga negatif. Dukungan itu diberikan setelah data inflasi Inggris dilaporkan dengan hasil yang sangat mengecewakan. Data yang suram itu bahkan telah membuat GBPUSD turun dari puncak mingguan yang dicetak hari Rabu kemarin. Sementara itu GBPUSD hari ini tampak meneruskan penurunan menuju ke 1,2916 atau kehilangan 0,36%.

Untuk penurunan hari ini, mungkin lebih disebabkan oleh penguatan Dolar AS secara luas. Nada penghindaran risiko semakin membuat Poundsterling terbenam dalam. Hubungan antara dua raksasa ekonomi yaitu AS dan China terus membuat greenback melonjak dan mendukung Dolar AS.

Beban Bagi Pound

Selain masalah perang dagang, kekhawatiran juga datang dari jumlah kasus virus Corona global yang sudah mencapai angka 5 juta. Kondisi ini semakin membuat banyak pihak khawatir akan terjadi virus Corona gelombang kedua jika ekonomi memang dibuka kembali. Kekhawatiran mengirimkan GBPUSD hari ini untuk meneruskan penurunan yang terjadi hari Rabu kemarin.

GBPUSD hari ini juga terbebani mengenai dukungan BoE untuk diberlakukannya suku bunga negatif. Apalagi data-data ekonomi Inggris tampaknya semakin mengkonfirmasi bahwa virus Corona telah berdampak sangat suram.

Sementara itu mengenai virus Corona, PM Boris mengklaim bahwa Inggris akan mempunyai sebuah sistem pelacakan kontak dan mampu mengalahkan semua sistem di dunia pada 1 Juni mendatang. Tapi sayangnya Jeremy Hunt meragukan tanggal kepastian sistem tersebut. Mengingat ada penundaan hasil pengujian virus Corona.

Selain dari masalah virus Corona dan perang dagang, pergerakan GBPUSD hari ini juga akan fokus ke rilis data ekonomi dari AS dan Inggris. Saat sesi Eropa, Inggris akan merilis data mengenai IMP sektor manufaktur dan sektor jasa untuk bulan Mei. Sementara itu AS merilis data IMP dan klaim pengangguran awal.

 

Baca Juga:   Analisa Forex GBPUSD, EURUSD, AUDUSD, USDJPY 05/03/2020

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar