Sempat Melonjak, Indeks Dolar AS Tertekan Ringan Menunggu Data dan Pidato Dari Fed

Pergerakan indeks Dolar AS sebagai pengukur kekuatan greenback terhadap beberapa mata uang utama lainnya, terlihat sedang berada dalam momentum penurunan. Sebelumnya DXY sempat mencapai titik paling tinggi dalam mingguan di sekitar level 99,00. Namun untuk saat ini harus rela dikuasai oleh para penjual.

Pada hari Rabu kemarin (25/9) indeks Dolar AS berhasil melakukan lonjakan menuju ke level 99,00. Kenaikan yang sangat tinggi ini menguji level paling tinggi dalam tiga pekan terakhir ketika sentimen Dolar AS mengalami lonjakan yang cukup moderat. Salah satu penyebabnya adalah komentar yang disampaikan oleh Presiden Trump mengenai kesepakatan perdagangan dengan China yang semakin dekat.

Fokus Selanjutnya

Kabar tersebut otomatis memperbaiki segala kerusakan sentimen risiko yang sebelumnya terjadi. Hasilnya menyebabkan imbal hasil obligasi Treasury pemerintah AS melonjak pada hari Rabu kemarin. Namun menjadi hari yang cukup berat bagi AS menjelang rilis data produk domestik bruto kuartal kedua tahun ini. Data tersebut secara bersama-sama didampingi oleh tingkat inflasi yang dibaca oleh PCE, klaim awal biasa, penjualan rumah tertunda dan juga neraca dagang maju.

Selain dari sisi data, indeks Dolar AS mungkin juga akan digerakkan oleh pidato dari R. Kaplan Fed Atlanta saat pembukaan konferensi Fed Dallas. Selain itu J. Bullard dari St. Louis juga akan berkomentar saat momen Forum Minoritas Perbankan. R. Clardia FOMC dan juga M. Daly Fed San Fransisco juga akan turut serta dalam Fed Listens. Selain itu juga N. Kashkari Fed Minneapolis akan berpidato di Montana dan T. Barkin dari Fed Richmond berpidato di Richmond.

Kabar pembaruan mengenai perdagangan dan juga politik global akan menjadi penggerak DXY. Pasalnya pembaruan perdagangan dengan China dan juga kondisi data dalam negeri AS akan menjadi kunci arah suku bunga Fed selanjutnya.

Baca Juga:   AUDUSD Naik Ringan Setelah Data Perdagangan China Naik

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar