Saham Produsen Mobil Asia Jatuh Karena As Mengumumkan Tarif Di Meksiko

Saham produsen mobil Asia turun pada hari Jumat setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan tarif baru di Meksiko.

Pada akhir hari perdagangan di Tokyo, saham Nissan turun 5.31%. Sementara itu, Toyota turun 2.85% dan Mazda anjlok 7.13%.

Kerugian serupa terlihat di Korea Selatan, di mana Kia Motors melihat sahamnya jatuh 4.49%.

Tarif Akan Ditingkatkan Mulai 10 Juni

Pergerakan itu terjadi setelah Trump mengumumkan dalam sebuah posting Twitter pada Kamis malam di Amerika Serikat. AS berencana untuk mengenakan tarif 5% pada semua impor Meksiko dari 10 Juni, sampai “masalah Imigrasi Ilegal diatasi”. Gedung Putih menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa tarif dapat dinaikkan jika masalah imigrasi berlanjut.

Meksiko digunakan sebagai basis produksi oleh banyak produsen mobil Jepang. Mereka memproduksi kendaraan seperti mobil dan truk di negara Amerika Utara untuk diekspor, menurut data dari asosiasi industri mobil AMIA Meksiko.

Seorang analis mengatakan kepada CNBC bahwa “kemungkinan besar respons” oleh para pembuat mobil adalah meneruskan biaya tambahan yang dikenakan oleh tarif kepada konsumen.

Janet Lewis, kepala penelitian industri Asia di Macquarie Capital Securities mengatakan :

“Presiden Trump perlu menyadari bahwa bukan orang Meksiko yang membayar tarif”.

Lewis menambahkan bahwa aksi jual yang terlihat di saham produsen mobil Asia tidak hanya terkait dengan pengumuman terbaru tarif AS di Meksiko. Itu dengan beberapa perusahaan sebenarnya “tidak terekspos” dengan cara yang bermakna.

Untuk mengilustrasikan maksudnya, dia mengutip contoh Mitsubishi Motor. Saham perusahaan tergelincir 3.94% pada hari itu, meskipun “tidak menghasilkan apa-apa” di Meksiko.

Sebaliknya, katanya, ada perasaan tidak nyaman umum di sekitar lanskap perdagangan global karena investor mempertimbangkan dampak dari proteksionis AS terhadap ekonomi global.

Baca Juga:   Analisa Forex GBPUSD, EURUSD, AUDUSD, USDJPY 14/01/2020

Ditanya tentang di mana dampak terbesar kemungkinan akan dirasakan, Lewis mengatakan “risiko terbesar pada rantai pasokan lebih daripada perdagangan unit yang sepenuhnya dibangun melintasi perbatasan”. Itu karena sifat “sangat terintegrasi” dari industri otomotif Amerika Utara.

Hingga kini, keputusan investasi di sebagian dibuat tanpa pertimbangan apakah keputusan itu dibuat di AS, Kanada, atau Meksiko, katanya.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar