Saham Asia Tetap Hijau Karena Optimisme Perdagangan Di Tengah Data Negatif China

Perdagangan saham Asia tampak terus bergerak hijau di hari Senin (14/10). Kenaikan ekuitas untuk kawasan Asia ini terlihat pada indeks Asia Pasifik MSCI non Jepang dimana mengalami lonjakan 1,2 persen mendekati pembukaan sesi Eropa hari ini. Pasar Asia masih tampak memegang optimisme perdagangan walaupun pasar sedang sepi karena liburan di AS, Jepang dan Kanada.

Lonjakan saham Asia juga terpantau terjadi pada ASX 200 Aussie dan juga NZX 50 New Zealand yang bertambah hampir 1 persen sepanjang perdagangan hari ini. Selain itu BSE Sensex India dan Hang Seng China turut diperdagangkan dengan positif selama sesi Asia hari Senin.

Para pelaku pasar dan investor di kawasan Asia mungkin masing memegang optimisme atas pembicaraan perdagangan antara AS dengan China pekan kemarin. Kedua belah pihak dilaporkan telah menyepakati kesepakatan awal dimana kelanjutan pembicaraan akan ditentukan pada bulan November mendatang.

Sebelumnya juga telah ada laporan dari Bloomberg dimana pihak China menyatakan menolak atas visa dari diplomat AS untuk melakukan kunjungan ke Taiwan. Kabar ini sempat mengancam optimisme yang telah dibangun pada pekan kemarin. Selain itu saham Asia juga sempat terancam dengan hasil impor China yang mengalami penurunan besar dari prediksi awal. Namun pasar Asia masih cukup positif karena kabar kesepakatan perdagangan kemarin.

Sentimen Global

Dari kabar dunia, saat ini potensi pemangkasan suku bunga oleh bank sentral AS telah mengalami kenaikan berdasarkan dana berjangka Fed. Ada banyak sekali faktor yang menjadi alasan peluang pemangkasan terus naik terutama akibat data yang negatif.

Hal ini akan mendorong kenaikan pada aset safe haven seperti emas dan juga Yen Jepang. Fokus saham Asia selanjutnya akan tertuju ke data inflasi harga eceran dari India, produksi sektor industri Eropa dan juga komentar dari ECB dan BoE.

Baca Juga:   Penandatanganan Kesepakatan Dagang Di Undur, Namun Penghapusan Tarif Tetap Dilakukan Lebih Awal

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar