Saham Asia Negatif Karena Hubungan AS dan China Penuh Ketidakpastian

Pergerakan di sekitar saham Asia terus mengalami penurunan yang sempat terjadi sebelumnya. Pelemahan terjadi setelah Presiden Trump menyampaikan pernyataan mengenai kesepakatan dagang antara AS dengan China. Dia mengatakan bahwa kesepakatan tahap satu tersebut bisa saja akan ditahan sampai dengan pemilihan Presiden AS berakhir tahun 2020. Selain itu permasalah politik kedua negara terus membebani perdagangan ekuitas sepanjang hari ini.

Kemarin parlemen AS memberikan sanksi terhadap wakil senior asal China. Beijing sendiri terus menyampaikan peringatan-peringatan kepada pemerintah AS agar tidak terus melakukan intervensi politik. Beijing juga mengambil langkah balasan dengan memberikan sanksi terhadap Organisasi bukan pemerintahan asal AS.

Saham Asia Rata Merah

Saat ini saham Asia terus diperdagangkan dengan level yang lebih rendah seperti pada saham MSCI Asia Pasifik tanpa Jepang telah anjlok 0,80 persen. Sementara itu untuk Nikkei Jepang mengalami penurunan 1,20 persen saat sesi Eropa berlangsung. Saham Australia ASX 200 juga kehilangan kekuatan 1,6 persen setelah rilis data PDB Aussie mengalami penurunan yang mengecewakan.

Nada risiko pasar terus mengalami pelemahan setelah pemakzulan terhadap Presiden Trump terus mengalami peningkatan peluang. Tarik menarik mengenai kenaikan tarif AS terhadap produk China juga menjadi beban selera risiko beberapa hari ini. Secara luas saham Asia mengalami penurunan yang cukup besar sepanjang hari Rabu ini (4/12).

BSE Sensex India, saham China, dan Hang Seng HK melaporkan penurunan yang moderat. Tolak ukur sentiment risiko yaitu imbal hasil obligasi Treasury pemerintah AS dalam tenor 10 tahun mengalami penurunan pada hari Selasa kemarin menuju ke 1,72 persen atau kehilangan 10 basis poin. Selanjutnya ekuitas akan menunggu beberapa rilis data global pada hari ini seperti IMP sektor Jasa Kawasan Euro, Inggris dan juga dari AS.

Baca Juga:   Dampak Konflik AS-China Menghancurkan Perdagangan Negara Kawasan Asia

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar