Saham Asia Naik Setelah Kesepakatan RUU Corona, Saham India dan Indonesia Masih Merah Karena Kondisi Memburuk

Para pembuat kebijakan AS dilaporkan telah mencapai kesepakatan terhadap RUU mengenai bantuan virus Corona. Para pelaku pasar dan investor global sudah menunggu sejak kemarin terkait kemajuan RUU tersebut. Dengan adanya kesepakatan itu maka sentimen risiko kembali menguasai pasar saat sesi Eropa hari Rabu ini (25/3). Saham Asia bergerak positif setelah berita itu meluas di telinga para pedagang.

Namun sayangnya saat ini selera risiko masih cukup terbebani oleh beberapa masalah. India dilaporkan melakukan lockdown sampai tiga pekan kedepan untuk menekan penyebaran virus Corona. Kondisi di Indonesia yang belum ada tanda-tanda membaik turut membantu pemulihan risiko saat ini untuk saham BEI.

Sebagian Besar Positif

Indeks MSCI tanpa Jepang masih mampu naik sampai 2,32 persen di hari ini. Untuk Nikkei Jepang juga melonjak sampai 7,0 persen. Saham Asia lainnya seperti ASX 200 juga mengalami kenaikan sampai 5,0 persen. Tapi saham rekan negaranya yaitu NZX 50 naik marjinal yaitu 1,2 persen karena New Zealand dinyatakan dalam kondisi darurat.

Saham Shanghai China juga naik karena kondisi China yang terus membaik setelah serangan virus Corona. Bahkan beberapa daerah yang terlockdown akan kembali dibuka dan memulai lagi aktivitas ekonominya. Pemulihan risiko yang mendukung saham Asia tergambar dengan kenaikan yang terjadi pada imbal hasil obligasi Treasury AS. Namun sayangnya permintaan Dolar AS belum mengalami pemulihan walaupun yield Treasury telah bangkit lagi.

Dilansir dari Bloomberg, dana stimulus $2 Triliun itu akan dibagi ke beberapa bagian. Dana sebesar $50 Miliar akan disalurkan untuk maskapai penerbangan AS yang mengalami kerugian besar akibat pembatalan perjalanan. Sementara itu detail lebih lanjut dan hasil pemungutan suara di Senat AS akan menjadi fokus para pedagang selanjutnya.

 

Baca Juga:   Klaim Pengangguran AS Melonjak Akibat Virus Corona yang Memukul Perekonomian

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar