Saham Asia Menguat Ringan Meskipun Data Ekonomi China Melonjak Tinggi

Permintaan beli di sekitar ekuitas kawasan Asia tidak merespon rilis data yang sangat optimis dari China tadi pagi. Padahal serangkaian data dari China seperti penjualan eceran dan juga produksi sektor industri dilaporkan mengalami kenaikan lebih dari harapan sebelumnya. Tapi sayangnya untuk produk domestik bruto China naik sesuai dengan prediksi. Kemungkinan hal ini yang membuat pembeli saham Asia enggan untuk menaruh pembelian lebih besar lagi.

Selain data PDB China yang stabil, para pelaku pasar dan investor ekuitas kawasan Asia masih merasakan kekhawatiran pada pembicaraan kesepakatan tahap dua AS dan China. Memang sebelumnya wakil dari kedua negara telah menandatangani kesepakatan dagang pada Rabu waktu AS. Namun ada beberapa masalah yang tidak diselesaikan pada kesepakatan satu dan akan dibahas pada kesepakatan kedua dengan proses yang lebih sulit lagi.

Kospi Mengabaikan BoK

Dengan beberapa tekanan itu, saham Asia bergerak ringan saat sesi Asia masih berlangsung seperti MSCI non Jepang yang naik 0,10 persen. Untuk Nikkei Jepang mencetak kenaikan dengan moderat sampai 0,50 persen disusul oleh ASX 200 Aussie dengan 0,50 persen.

Saham Korea yaitu Kospi tidak terapresiasi setelah komentar positif dari bank sentral Korea atau BoK. Dikatakan bahwa kebijakan fiskal dinilai lebih efektif dibandingkan dengan kebijakan moneter. Terutama untuk bisa menyelesaikan masalah yang bersifat struktural di Korea. Sebelumnya bank sentral Korea memutuskan tidak melakukan perubahan kebijakan moneternya.

Pada pedagang saham Asia hari ini mungkin akan lebih menunggu beberapa rilis data ekonomi utama dari AS. Selain itu beberapa data ekonomi dari kawasan Euro dan Inggris juga akan menjadi katalis penggerak bagi ekuitas kawasan Asia hari Jumat ini (17/1). Namun dinamika berita perdagangan dan masalah politik juga tidak akan dikesampingkan oleh para pedagang.

 

Baca Juga:   Ketua Fed Powell: Utang Bisnis Meningkat Tetapi Tidak Menimbulkan Ancaman Bagi Sistem

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar