Saham Asia Mencatat Penurunan Besar Akibat Konflik AS-Iran dan Data China Jepang Mengecewakan

Awal pekan ini menjadi pekan yang mulai ramai kembali pasca libur Tahun Baru kemarin. pasalnya para pelaku pasar dan investor dari Jepang libur sampai dengan tanggal 4 Januari. Kembalinya para pelaku pasar dan investor global menjadi saksi bagaimana ketegangan AS dan Iran yang berpeluang menjadi perang dunia ketiga. Ketegangan kedua negara memaksa penurunan permintaan beli di sekitar saham Asia pada hari Senin ini (6/1) saat sesi Asia berlangsung.

Sentimen Risiko Melemah

Penghindaran risiko pasar sangat besar setelah ketegangan AS dan Iran pecah. Kondisi ini diperburuk dengan rilis data IMP dari China dan Jepang yang sangat mengecewakan pasar. Pelemahan saham Asia terlihat pada indeks MSCI non Jepang yang merosot sampai 0,77 persen mendekati pembukaan sesi Eropa hari ini.

Kemarin militer AS melakukan aksi penyerangan menggunakan pesawat tanpa awak yang menyasar bandara internasional Baghdad. Dalam penyerangan itu, Jenderal Militer utama Iran yaitu Qassem Soleimani tewas bersama beberapa orang lainnya. Tindakan itu memicu kemarahan Iran dan mengancam akan melakukan penyerangan balasan. Irak juga meminta agar pasukan AS segera keluar dari tanah mereka setelah berita tersebut meluas.

Namun beberapa waktu terakhir selera risiko pasar mulai kembali stabil setelah pelemahan berat kemarin. Salah satu faktor utamanya adalah adanya rencana dari pemimpin global dari beberapa negara seperti Jerman, Perancis dan Inggris untuk ikut mendinginkan hubungan AS dengan Iran. Walaupun demikian sayangnya saham Asia tetap mencatat penurunan yang cukup besar sepanjang hari ini.

Saat ini saham Asia lainnya seperti Hang Seng HK telah kehilangan 0,70 persen yang diikuti oleh Nikkei Jepang mencapai 2,0 persen. Penghindaran risiko besar-besaran memberikan keuntungan bagi safe haven seperti emas yang melonjak tajam yang diikuti oleh minyak mentah.

 

 

Baca Juga:   Dolar Australia Terjun Pasca Ketenagakerjaan Suram dan Data China yang Lemah

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar