Saham Asia Melonjak Setelah Pernyataan Presiden Trump Terkait AS dan Iran

Perdagangan saham Asia mengalami kenaikan mendekati pembukaan sesi dagang kawasan Asia di hari Kamis ini (9/1). Secara luas, ekuitas kawasan Asia mendapatkan keuntungan dari pernyataan resmi Presiden Trump mengenai perang dengan Iran. Bahkan optimisme tersebut berhasil mengesampingkan rilis data inflasi konsumen dan produsen dari China yang lebih rendah dari harapan awal.

Sementara itu South China Morning Post memberitakan bahwa akan lebih memilih menahan diri dari langkah operasi terhadap pasar terbuka. Hal itu perlu dilakukan untuk bisa memperbaiki catatan di buku AS. Bank Dunia juga menyampaikan proyeksi pertumbuhannya bahwa ekonomi dunia masih akan melambat. Namun ekonomi pasar akan terus mengalami perkembangan seperti China juga akan memulihkan diri.

AS-Iran Pendorong Utama

Tapi dorongan saham Asia yang paling besar pada hari ini adalah kabar pembaruan seputar konflik AS dan Iran. Sebelumnya para pelaku pasar dan investor sangat berhati-hati menunggu pernyataan resmi dari Presiden Trump terkait dengan serangan dari Iran ke pangkalan udara AS di Irak. Tapi pada akhirnya Trump memutuskan menahan serangan balasan dan akan memberikan sanksi tambahan terhadap Iran. Hal ini memicu pemulihan sentimen risiko pasar besar-besaran.

Beberapa saham Asia langsung mencatat kinerja positif setelah pernyataan Trump meluas di pasar. Imbal hasil obligasi Treasury pemerintah AS dalam 10 tahun melonjak 1,80 persen. Indeks MSCI non Jepang juga melonjak sampai 1,4 persen disusul oleh Nikkei Jepang 2,22 persen.

Sementara itu bursa saham China mencatat kenaikan 1,0 persen, Sensex 1,34 persen, dan Hang Seng Hong Kong 1,5 persen. Untuk saham Australia juga mencatat kenaikan yang sangat baik setelah data dalam negeri Aussie menggembirakan. Neraca perdagangan Australia mengalami kenaikan yang membuat para pedagang semakin optimis untuk berdagang di sekitar aset berisiko.

 

Baca Juga:   Saham Asia Sebagian Besar Memerah Karena Pesimisme Perdagangan dan Politik

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar