Saham Asia Melonjak Senada Wall Street Meneruskan Kenaikan Tahun Lalu

Perdagangan bursa saham Asia mengalami penguatan pada hari Jumat ini (3/1) saat sesi Asia masih berlangsung. Saat pasca pembukaan, beberapa ekuitas sudah masuk ke zona hijau seperti saham Shanghai yang bertambah 0,12 persen. Sementara itu Hang Seng berkinerja dengan baik menambah 1 persen yang disusul oleh Kospi yang melonjak 0,80 persen. Untuk Nikkei Jepang sampai saat ini masih belum bergerak karena pasar Jepang yang masih tutup Libur Tahun Baru.

Lonjakan permintaan saham Asia ini senada dengan kenaikan yang terjadi pada Wall Street beberapa waktu terakhir. Perdagangan hari Kamis kemarin, bursa saham AS mengalami kenaikan dan mencatat rekor puncak kembali. Indeks DJIA mengalami kenaikan 1,16 persen yang disusul oleh Nasdaq dengan penambahan 1,33 persen. Untuk indeks S&P 500 juga berhasil ditutup dengan kenaikan paling tinggi sepanjang sejarah  dengan penambahan 0,84 persen.

Pembukaan tahun 2020 ini, Wall Street terpantau masih meneruskan kenaikan yang dibangun pada 2019 kemarin. sepanjang tahun 2019 saham AS melonjak tinggi seperti DJIA  22,3 persen, S&P 500 28,9 persen dan Nasdaq 35 persen. Salah satu penyebab utama lonjakan permintaan beli saham AS adalah adanya optimisme perdagangan antara AS dan China.

Optimisme AS-China Menjadi Pendorong

Kemarin Presiden Trump melalui akun Twitternya menyampaikan bahwa kesepakatan tahap awal akan ditandatangani pada 15 Januari mendatang. Menerima kabar tersebut, saham Asia melonjak mengekor kenaikan pada saham AS. Kesepakatan ini diharapkan akan mampu memperbaiki perekonomian AS dan China.

Kedua negara saling memberikan komitmen yang menguntungkan seperti Beijing yang meningkatkan pembelian produk pertanian AS sampai dua kali lipat dalam dua tahun. Sementara itu AS juga akan memangkas kenaikan tarif pada produk senilai $120 Miliar dari 15 persen menjadi 7,5 persen dan membatalkan rencana kenaikan pada pertengahan Desember.

 

Baca Juga:   Dolar Australia Turun Setelah Data China Suram dan Risk-Off Pasar, AUDJPY Turun Tajam

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar