Saham Asia Melonjak Mendekati Pembicaraan Dagang AS-China

Perdagangan saham di kawasan Asia tampak terus berkedip hijau di hari Selasa ini (8/10). Penawaran beli tampak terus memenuhi saham Asia mendekati pembicaraan dagang antara AS dengan China pada pekan ini. Lonjakan terlihat pada Nikkei Jepang yang sedang diperdagangkan dengan kenaikan 1,15 persen.

Selain itu kenaikan juga terpantau terjadi pada beberapa saham Asia lain seperti Hang Seng Hong Kong hijau 1,34 persen dan juga ASX 200 Aussie bertambah 0,46 persen. Untuk indeks Shanghai Composite juga tampak mengalami kenaikan 0,88 persen. Sebelumnya Shanghai Composite dibuka dengan kondisi yang stagnan karena pasar China baru saja kembali dari liburan sepekan penuh. S&P 500 AS turut senada dengan pertambahan 0,40 persen.

Pembicaraan Dagang AS-China

Mengenai perdagangan global, dikabarkan bahwa Wakil PM China yaitu Liu He dan juga Ketua PBoC Yi Gang dan beberapa pejabat akan melakukan perjalanan menuju ke Washington. Mereka akan memenuhi janji jadwal sebelumnya dimana akan dilakukan pembicaraan tingkat tinggi mengenai negosiasi perdagangan AS dengan China.

Sayangnya China menolak menyetujui kesepakatan yang diajukan oleh Trump. Pihak China ingin mencapai kesepakatan namun secara parsial. Mengenai hal ini Trump merespon siap memberikan pertimbangan kesepakatan sementara. Namun dia lebih cenderung suka untuk mencapai sepakat keseluruhan.

Polemik Brexit

Ketika saham Asia sedang bergerak hijau karena kesepakatan dagang, pesimisme global justru datang dari Inggris.Saat sesi Asia hari Selasa dikabarkan bahwa PM Boris telah bersiap untuk menerima kegagalan pembicaraan Brexit. PM Boris juga dikabarkan akan berusaha menghindari perpanjangan Brexit dengan meminta negara hak veto untuk menentang perpanjangan dan memberikan mereka hadiah.

Sebenarnya pimpinan Komisi Eropa sudah ragu untuk bisa mencapai kesepakatan tepat pada waktunya pada 31 Oktober mendatang. Kondisi ini akan membebani selera risiko kawasan Eropa. Saham Asia mungkin akan lebih tertuju ke pembicaraan dagang AS-China yang segera berlangsung.

Baca Juga:   Prediksi PDB Jepang Ketika Ketegangan Penuh Ketidakpastian

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar