Saham Asia Hari Ini Campuran Karena Kurang Katalis Penggerak Pasca The Fed

Pergerakan saham Asia hari ini mengalami penurunan di tengah sinyal campuran yang datang dari pasar global. Selain itu pasar hari Kamis ini (30/7) sangat kurang mendapatkan katalis tambahan pasca pertemuan Fed semalam. Apalagi beberapa waktu terakhir Dolar AS berusaha untuk bisa bangkit dari titik paling rendah sejak bulan Juni 2018 lalu.

Bersama dengan sepinya penggerak pasar, saham Asia hari ini seperti indeks MSCI Asia Pasifik tanpa Jepang justru naik sampai 0,62%. Sementara itu saham Nikkei Jepang negatif sampai 0,18% menuju ke 22.356 mendekati pembukaan sesi Eropa hari ini. Kemudian nada positif juga terlihat pada saham ASX 200 yang hijau 0,63% dan beberapa saham lain seperti Hang Seng HK, Kospi Korsel mencatatkan kenaikan ringan.

Kondisi Ekonomi Asia

Tadi pagi Jepang merilis data mengenai penjualan eceran dengan hasil yang cukup baik. Data itu memberikan gambaran bahwa ada pemulihan di bulan Juni 2020 naik sampai 13,1% dalam bulanan. Data itu lebih tinggi dari apa yang diprediksi sebelumnya yaitu di 7,1%. Sayangnya kenaikan kasus di Jepang mencapai lebih dari 360 kasus membuat sentimen pasar Jepang memburuk

Kemudian dari Aussie, data mengenai izin bangunan dilaporkan mengalami penurunan yang cukup besar. Namun saham ASX 200 justru mampu mencatatkan kenaikan yang sangat baik walaupun lonjakan kasus di Australia tidak bisa dikesampingkan. Kemungkinan kenaikan ASX 200 mengikuti kenaikan yang terjadi pada Wall Street sejak tadi malam.

Pergerakan saham Asia hari ini selanjutnya akan fokus pada rilis data ekonomi utama dari AS mengenai Produk Domestik Bruto Q2 2020. Data itu diprediksi akan merosot tajam sampai -34,1% lebih rendah dari Q1 2020 yang berada di -5,0%. Sentimen pasar global juga akan terus menggerakkan pasar untuk selanjutnya.

 

Baca Juga:   Konflik AS-China Dikhawatirkan Memanas Kembali Setelah Perusahaan China yang Diblokir Bertambah

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar