Saham Asia Hari Ini Bergerak Tanpa Kejelasan Arah Karena Katalis Campuran Global

Saham Asia hari ini turun tapi tanpa arah yang jelas selama sesi Asia hari Jumat (31/7). Kondisi ini tentunya sangat mengecewakan para investor global. Kekhawatiran terhadap pandemi virus Corona telah meningkat kembali. Banyak yang takut gelombang kedua ini akan menyebabkan ekonomi global kembali tertekan. Tekanan lain adalah tidak ada kejelasan mengenai stimulus fiskal AS yang sangat ditunggu oleh para investor.

Beberapa Dorongan Pasar Hari Ini

Bias kenaikan saham Asia hari ini mendapatkan dukungan dari data ekonomi China dan Jepang yang menggembirakan. Berita pendapatan dari perusahaan raksasa teknologi yaitu Facebook, Apple dan juga Alphabet juga mendorong aksi pembelian ekuitas kawasan Asia hari ini.

Sementara itu beberapa saat yang lalu Chian merilis data mengenai IMP resmi dengan hasil yang sangat memuaskan. Kemudian data pengangguran dan produksi sektor industri Jepang naik dan mempertanyakan bagaimana proyeksi ekonomi yang suram dari pemerintah Jepang. Tekanan datang dari data harga produsen Aussie dan kredit swasta yang mengecewakan.

Bersama dengan katalis campuran hari ini, saham MSCI tanpa Jepang mengalami kenaikan sampai 0,26%. Kemudian untuk Nikkei Jepang justru suram memerah sampai 2,35% disusul oleh ASX 200 yang juga merosot sampai 1,8%.

Tadi malam, Amerika merilis data mengenai produk domestik bruto. Data itu dilaporkan dengan hasil penurunan tajam pada Q2 menuju ke dekat -33%. Kondisi yang memicu Dolar AS saat ini anjlok sangat tajam berada di dekat 93,00.

Ketika saham Asia hari ini campuran, aset berisiko lain seperti kontrak berjangka S&P 500 mengalami kenaikan ringan mengambil nada positif dari keuntungan perusahaan teknologi raksasa global. Tapi untuk tolak ukur risiko global imbal hasil obligasi Treasury AS masih bertahan di level rendah. Dinamika risiko global mungkin akan terus menggerakkan saham Asia selanjutnya.

 

Baca Juga:   USDCAD Turun Lebih Dalam Setelah Risk On Mendukung Loonie

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar