Saham Asia Berjatuhan Akibat Kekhawatiran Virus Corona Memuncak

Nada penghindaran risiko tampak belum mengalami penurunan tenaga menjelang pembukaan sesi Eropa hari Jumat (28/2). Berpindahnya dana pedagang menuju ke aset safe haven membuat beberapa saham Asia berguguran. Bahkan ekuitas utama dilaporkan mengalami penurunan menuju ke level paling rendah tahun 2009 lalu. Imbal hasil obligasi Treasury AS dan Aussie dalam 10 tahun juga merosot menuju ke level paling rendah terbaru.

Kondisi penyebaran wabah virus Corona di beberapa negara terus meningkat beberapa hari terakhir. Untuk kawasan luar China, beberapa negara seperti Korea Selatan Iran dan Italia menjadi yang paling buruk. 

Hal ini mendorong WHO untuk mengeluarkan keputusan keadaan darurat global. Pemeringkat global yaitu Moody’s dan Fitch juga menyampaikan nada kekhawatiran perlambatan akibat virus Corona yang menyebar ke negara dengan ekonomi yang besar.

Saham Asia Memerah

Sementara itu pergerakan pada indeks MSCI tanpa Jepang mengalami penurunan sampai 2,46 persen diikuti oleh Nikkei Jepang yang kehilangan sampai 4,63 persen. Saham Asia lainnya juga mencatatkan kinerja negatif seperti Shanghai Composite yang turun 3,0 persen dilanjut Hang Seng HK yang turun 2,84 persen.

Nada penghindaran risiko saat ini juga disebabkan oleh adanya kasus pertama kali untuk Amerika Serikat. Menanggapi hal ini, pemerintah AS terus bersiap untuk bisa melawan wabah virus Corona. Selain itu para pedagang juga sedang dihadapkan pada kenaikan ekspektasi pelonggaran kebijakan Fed akibat tekanan virus Corona selama ini.

Aset-aset berisiko pada hari Jumat ini terus berguguran termasuk saham global yang merosot menuju ke level paling rendah sejak krisis 2008 lalu. Sementara itu para pedagang di sekitar saham Asia akan terus mengawasi berita utama mengenai virus Corona. Langkah global dalam menangani wabah ini juga akan terus menjadi berita yang ditunggu pedagang.

 

Baca Juga:   PBB Peringatkan Perang Mata Uang Dan Proteksionisme Jika Konflik AS-China Berlanjut

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar