Saham Asia Bergerak Beragam Karena Tarik Ulur Risiko

Sepanjang sesi Asia hari Selasa ini (9/6) pergerakan saham untuk kawasan Asia tampak beragam. Sebagian besar saham Asia hari ini bergerak naik ringan walaupun ada beberapa saham yang bergerak negatif. Penyebab adanya nada negatif itu adalah karena risiko yang terbebani oleh beberapa masalah global. Sehingga membuat upaya untuk naik lebih tinggi menjadi sangat terhambat.

Konflik Beberapa Negara

Dua negara saudara di Asia yaitu Korea Utara dan Korea Selatan sedang terlibat masalah yang cukup mengkhawatirkan. Korea Utara memutuskan untuk menghapus akses komunikasi antara kedua negara secara total. Penyebab panasnya hubungan kedua negara adalah karena ada masalah material yang ada di perbatasan dan tidak bisa ditoleransi.

Selain itu masalah yang membebani saham saat ini juga datang dari China dan Australia. Pemerintah Beijing melarang warganya untuk melakukan perjalanan ke Australia. Karena ada peningkatan sentimen anti-China di beberapa negara yang cukup membahayakan. Masalah geopolitik lain juga datang dari Libya dimana militer sudah masuk ke ladang utama minyak di Libya dan memaksa agar menghentikan aktivitas produksinya.

Sebelum masalah geopolitik membebani saham Asia hari ini, pergerakan saham sempat optimis karena harapan pemulihan ekonomi global. Karena data ketenagakerjaan AS dan data China dilaporkan dengan hasil yang cukup memuaskan. Selain itu banyak juga negara yang mulai membuka kembali ekonominya.

Saat ini saham MSCI tanpa Jepang mengalami kenaikan 0,50% disusul oleh ASX 200 yang juga mencatatkan kenaikan mengabaikan data dalam negeri. Selain itu nada penurunan terlihat pada saham Nikkei Jepang yang merosot 0,75% karena data Jepang yang mengecewakan tadi pagi. Kospi Korsel juga mengalami penurunan sampai 0,65%. Tolak ukur risiko yaitu imbal hasil obligasi Treasury AS 10 tahun turut menurun 4 basis poin karena tekanan geopolitik.

 

Baca Juga:   Senada Dengan Fed, BoC Kembali Memangkas Suku Bunga Ke 0,25% Karena Ancaman Perlambatan Global

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar