Saham Asia Beragam Arah Di Tengah Ketidakpastian AS-China, Fokus Ke Pidato Presiden Trump

Perdagangan saham pada hari Selasa ini (12/11) telah disambut dengan masalah-masalah baru seperti ketidakpastian kesepakatan dagang AS-China dan juga gelombang demonstrasi di Hong Kong yang semakin kacau. Secara luas karena dampak kabar tersebut, saham Asia diperdagangkan lebih rendah pada hari ini. Namun beberapa kabar membatasi penurunan lebih dalam pada ekuitas kawasan Asia.

Sinyal Pasar Beragam

Saat ini dikabarkan bahwa potensi pemangkasan suku bunga oleh bank sentral New Zealand telah meningkat. Selain itu keputusan China untuk lebih terbuka dalam masalah perekonomian turut membawa optimisme bagi saham Asia. Kemudian kabar dari luar Asia yaitu adanya ekspektasi bahwa Presiden Trump dan Uni Eropa akan menurunkan kenaikan tarif terhadap produk mobil asal Uni Eropa.

Kondisi yang beragam ini telah mengirim saham kawasan Asia di MSCI tanpa Jepang sedang berada dalam kawasan hijau dengan kenaikan 0,40 persen. Untuk Nikkei Jepang sendiri saat ini sedang bergerak merespon komentar yang disampaikan oleh PM Abe. Dia mengatakan bahwa memerlukan anggaran lebih untuk bisa mendorong pemulihan ekonomi.

Sementara itu perdagangan di China juga tampak mendapatkan optimisme setelah adanya pernyataan dari media. Mungkin China akan terus membuka diri dalam masalah ekonomi dan juga pada masalah mata uang dalam negeri. Untuk pasar di New Zealand sendiri tampak mendapatkan katalis setelah ekspektasi inflasi dari RBNZ yang lebih rendah dari sebelumnya. Hal tersebut menjadi sinyal bahwa akan ada pemangkasan suku bunga kembali.

Saham Asia lain seperti ASX 200 dan Hang Seng Hong Kong terus berjuang dalam menghadapi keraguan pasar atas kesepakatan dagang AS-China. Para pelaku pasar dan investor akan lebih terfokus ke pidato yang akan disampaikan oleh Presiden Trump saat sesi dagang Amerika Utara nanti. Pidato diharapkan akan memberikan kabar perdagangan terbaru.

 

Baca Juga:   Kesepakatan Dagang AS-China Tahap Awal Semakin Di Depan Mata

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar