Saham AS Melonjak Setelah Langkah Positif AS Menjelang Tanda Tangan Kesepakatan

Pergerakan saham di kawasan Amerika Serikat kembali mencetak kinerja yang mengesankan pada hari Senin kemarin (13/1). Beberapa saham AS mengalami kenaikan lebih tinggi seperti indeks S&P 500 dan Nasdaq yang mencetak level lebih tinggi. Kenaikan ini terjadi menjelang ditandatanganinya kesepakatan dagang antara AS dan China pada 15 Januari mendatang.

Pergerakan indeks S&P 500 mencetak kenaikan sampai 0,70 persen pada penutupan hari Senin. Sementara itu untuk Nasdaq mencetak lonjakan sampai 1,0 persen dan diikuti oleh indeks DJIA yang mendaki ringan 0,30 persen pada hari Senin kemarin.

Beberapa ahli analisa menyampaikan bahwa saat ini saham AS sedang dalam kawasan yang positif. Terlebih lagi acara utama penandatanganan kesepakatan dagang semakin dekat dan didukung oleh langkah positif dari pemerintah AS terhadap China. Tadi malam Kantor Keuangan AS dilaporkan akan menghapus China dari daftar negara yang memanipulasi mata uangnya.

Bahkan bukan hanya saham AS saja yang mencetak kinerja positif, beberapa saham kawasan Asia turut mendapatkan keuntungan dari optimisme hubungan AS dan China. Indeks Nikkei Jepang melonjak sampai 0,47 persen, diikuti saham Shanghai yang naik 0,75 persen dan Hang Seng HK lebih dari 1 persen.

Acara Utama 15 Januari

Perwakilan dari pihak China akan melakukan perjalanan menuju ke Washington untuk hadir dalam acara tanda tangan kesepakatan 15 Januari. Beberapa isi kesepakatan yang sudah meluas seperti pembelian produk pertanian AS oleh China dan beberapa produk jasa lainnya. Selain itu AS juga akan melakukan pemangkasan tarif masuk produk yang berasal dari China.

Lonjakan permintaan saham AS terjadi karena dengan membaiknya hubungan dagang antara AS dan China, maka perekonomian global akan mampu tumbuh kembali. Pasalnya akibat perang dagang kedua negara, ekonomi global mengalami perlambatan yang cukup mengkhawatirkan.

 

Baca Juga:   Dolar Australia Melonjak Terhadap USD Pasca Rilis Pidato RBA Lowe

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar