Rupiah Semakin Melemah Terhadap Dolar AS Walaupun Surplus Perdagangan Indonesia Sangat Optimis

Pasangan mata uang USDIDR terus mengalami kenaikan menuju ke puncak dalam bulanan menuju ke 15.230 di hari Rabu ini (18/3). Permintaan Rupiah hari ini semakin melemah karena adanya kekhawatiran penyebaran wabah virus Corona di kawasan Indonesia. Saat ini pasangan sudah mampu mencetak kenaikan marjinal sampai 1,25 persen.

Dilansir dari Reuters, pejabat Kemenkes RI yaitu Ahmad Yurianto mengatakan pemerintah siap menaikkan tingkat kasus virus Corona karena jumlah korban yang terus melonjak. Apalagi sebelumnya Menteri Perhubungan yaitu Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terjangkit virus Corona. Namun untuk Presiden Joko Widodo belum ada pernyataan resmi apakah positif atau negatif virus Corona.

Bahkan banyak kecaman yang menyasar pemerintah Indonesia karena dinilai tidak serius dalam penanganan wabah virus Corona. Ketakutan yang terus menguat telah menyebabkan Rupiah hari ini semakin hancur di pasar keuangan global. Tapi tampaknya Indonesia akan mulai melangkah dengan larangan perjalanan dari Eropa dan Iran. Selain itu mungkin juga akan ada penurunan harga bahan bakar sebagai upaya mendukung ekonomi dalam negeri.

Data Perdagangan Positif

Sebenarnya Indonesia kemarin telah merilis data surplus perdagangan yang paling besar sejak terakhir kali pada 2011 lalu. Namun sayangnya wabah virus Corona akan memukul mundur ekonomi Indonesia. Sampai saat ini belum ada kebijakan moneter dan langkah lain sebagai antisipasi perlambatan ekonomi kecuali kebijakan fiskal pendapatan yang sudah diumumkan kemarin.

Dolar AS mampu bergerak dengan baik melumpuhkan Rupiah hari ini setelah Gedung Putih dan Fed melangkah lebih maju menekan dampak virus Corona. Penguatan Dolar AS didukung juga oleh pemulihan imbal hasil obligasi Treasury AS 10 tahun menuju ke 1,00%. Sementara itu saham Indonesia pada BEI terus anjlok 3 hari terakhir ke lembah sejak 2015 lalu.

 

Baca Juga:   Dampak Langsung Perang Dagang Bagi Amerika Serikat dan China

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar