Rupiah Menguat Kembali Memperpanjang Pemulihan Yang Signifikan

Nilai tukar Rupiah Indonesia hari Rabu ini (15/4) mengalami penguatan yang cukup signifikan terhadap Dolar AS. Saat sesi Eropa baru saja dibuka, Rupiah hari ini telah membawa pasangan mata uang USDIDR turun menuju ke level harga 1.550 atau mewakili penurunan 0,38%. Bahkan sebelumnya rupiah mencatatkan kinerja yang sangat baik dengan penurunan pasangan sampai 0,70% menuju ke 15.500.

Kebijakan Moneter BI

Bank Indonesia pada akhirnya memutuskan untuk menambah stimulus moneter yang lebih banyak lagi. Faktor tersebut mungkin yang menyebabkan Rupiah hari ini mampu menguat sangat baik terhadap Dolar AS. 

Sebelumnya Bank Indonesia juga telah melakukan pemangkasan suku bunga dua kali masing-masing 25 basis poin. Gubernur BI yaitu Perry Warjiyo memberikan pengumuman melalui video dengan Reverse Repo Rate 4,5%, Lending Facility 5,25% dan juga deposit facility 3,75%.

Keputusan itu diambil atas dengan pertimbangan perlu menjaga sisi luar agar tetap dalam kondisi yang stabil. Namun BI masih memandang akan ada pemangkasan suku bunga lagi karena inflasi yang terus tertekan dan perlu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sementara itu untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi, BI memutuskan menambah pelonggaran kuantitatif.

Saat ini secara tingkat global memang pertambahan kasus pandemi virus Corona telah mengalami perlambatan. Tapi untuk beberapa daerah di Indonesia masih dalam trend penambahan kasus yang cukup signifikan sampai hari Rabu ini.

Penguatan Rupiah hari ini mungkin juga terkait dengan adanya harapan pemulihan aktivitas ekonomi di AS. Beberapa aset berisiko juga mengalami penguatan karena para pedagang melihat harapan tersebut. Presiden Trump sampai saat ini masih mempertimbangan pembukaan wilayah di beberapa negara abgian dan kembali memulai semua aktivitas ekonomi. Pasalnya ekonomi AS sangat tertekan hebat dengan adanya pembatasan aktivitas tersebut.

 

Baca Juga:   Dolar AS Stagnan Terhadap Yen, Menunggu Katalis Penggerak

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar