RBA Mempertahankan Suku Bunga, Dolar Australia Menguat Walaupun Pernyataan RBA Sedikit Optimis

Menjelang pembukaan sesi kawasan Eropa di hari Selasa (3/12), Dolar Australia menguat terhadap Yen Jepang setelah keputusan suku bunga RBA. Pasangan AUDJPY melonjak sekitar 30 pip menuju ke puncak sesi di level harga 74,67 karena bank sentral Australia mempertahankan suku bunganya. Penyampaian kebijakan moneter tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan pasar yaitu tetap di level 0,75 persen.

Sebenarnya pernyataan kebijakan tersebut seharusnya menekan Dolar Australia lebih rendah. Namun tekanan penurunan tersebut telah sirna dan berusaha melonjak lebih tinggi lagi. Dalam pernyataan kebijakan tersebut, RBA juga mengatakan bahwa untuk tingkat pengangguran akan mengalami penurunan di bawah angka 5 persen pada tahun depan dan 2021. Meskipun terdengar dovish, Dolar Australia menguat dengan baik mendominasi di atas Yen.

Bank sentral Australia mengungkapkan bahwa saat ini tingkat perekonomian Aussie telah mengalami momentum pembalikan ringan. Sehingga dengan tingkat suku bunga yang tetap pada level rendah, akan membantu mendorong lapangan kerja penuh waktu dan mencapi inflasi sesuai dengan target. Bahkan RBA juga berkeinginan untuk melonggarkan kebijakan lebih lanjut lagi untuk mendorong pertumbuhan perekonomian agar bisa berkelanjutan.

Sentimen Risiko Kuat

Penyebab Dolar Australia menguat mungkin adalah pernyataan-pernyataan dari RBA yang sedikit optimis. Menjauhnya para pelaku pasar dan investor dari aset safe haven kemungkinan juga berkontribusi besar pada  kenaikan AUDJPY hari ini. Hidupnya selera risiko bisa dilihat dari kenaikan pada S&P 500 yang mencatat pertambahan 0,22 persen.

Perdagangan selanjutnya pasangan akan terus mengawasi pergerakan sentimen pasar terhadap kebijakan RBA dan beberapa kabar berisiko global. Jika melihat dari segi teknikal, saat ini pasangan mata uang AUDJPY sudah mampu memantul dengan baik dari level penghalang bawah dari garis trend. Hal ini yang memicu kenaikan lebih moderat pada pasangan.

 

Baca Juga:   USDJPY Hari Ini Mengabaikan Keputusan BoJ, Menunggu Kejelasan Arah Risiko

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar