Profil Jerome Powell, Ketua The Fed Tahun 2017

Jerome Powell adalah ketua Federal Reserve AS yang menjabat sejak tahun 2017. Namanya sering disebutkan bersama dengan kabar terkait kebijakan moneter AS dan suku bunga. Dalam beberapa waktu belakangan ini, sosok Powell kerap disebut-sebut oleh Presiden AS Donald Trump karena kebijakan suku bunganya yang dinilai kurang memuaskan oleh orang nomor satu di AS tersebut. Sebetulnya, siapakah Jerome Powell ini?

 

Powell Sempat Menjadi Pengacara

Jerome Powell adalah pria kelahiran Washington pada tahun 1953 yang mengawali karirnya sebagai seorang pengacara. Meski kini bergelut di bidang ekonomi, Jerome Powell adalah lulusan Ilmu Politik di Princeton University dan Georgetown University. Saat masih berstatus mahasiswa pasca sarjana di Georgetown University, Jerome Powell pernah menjadi Kepala Editor di Georgetown Law Journal.

jerome powell

Setelah bekerja beberapa tahun sebagai seorang pengacara, ia mengawali karir investasi perbankannya pada tahun 1984 di Dillon, Read and Company di New York. Beberapa tahun kemudian, Powell pun menikahi seorang produser film Elissa Leonard dan dikaruniai tiga orang anak.

 

Dari Pengacara Menjadi Pakar Finansial

Pada tahun 1990, selama presiden George Bush memimpin Amerika Serikat, Powell kembali ke Washington untuk menjadi seorang sekretaris keuangan di Departemen Keuangan (Depkeu) AS. Menkeu AS saat itu, Nicholas F. Brady, masih menjabat sebagai ketua di Dillon Read tempat Powell bekerja sebelumnya sehingga ia kenal betul dengan kinerja Powell. Dengan jabatannya di Depkeu, Powell bertanggung jawab atas kebijakan di insitusi-instutusi finansial dan Debt Market Depkeu.

Tiga tahun setelahnya, saat pemerintahan Bill Clinton, Jerome Powell bergabung dengan Bankers Trust. Namun tak lama, ia memutuskan untuk keluar dari bank tersebut karena banyaknya masalah yang dialami oleh para klien.

Baca Juga:   Kelebihan Trading Forex Dibanding Bisnis Online Lain

Jerome Powell kemudian masuk sebagai mitra di Carlyle Group, sebuah perusahaan pengelolaan aset di tahun 1997. Dari sinilah, Powell mencatatkan sejumlah prestasi keuangan dan banyak berhubungan dengan orang-orang pemerintahan di Washinton DC. Tahun 2011, Presiden Barrack Obama sempat menominasikannya sebagai anggota Dewan Gubernur The Fed sementara. Dua tahun kemudian, setelah dikonfirmasi oleh Senat, Jerome Powell yang merupakan Republikan ini, kembali diangkat sebagai Dewan Gubernur Fed, kali ini sebagai anggota tetap.

logo-the-fed

Kini, Powell sudah menjadi pemegang tampuk utama di bank sentral AS dan menjadi pengambil keputusan dalam rapat FOMC. Sosoknya yang tenang dan pandangan sentrisnya, membuat Powell tak goyah untuk mencampuradukkan urusan bank sentral dengan politik, meskipun sering dicecar oleh Trump untuk membabat habis suku bunga AS di tengah kondisi perang dagang saat ini.

Tinggalkan sebuah Komentar