Poundsterling Inggris Tertekan Akibat Data Mengecewakan dan Spekulasi Dovish BoE

Permintaan mata uang Poundsterling Inggris sempat mengalami pelemahan yang cukup besar akibat spekulasi pasar yang meluas. Para pelaku pasar dan investor langsung berspekulasi ketika anggota pembuat kebijakan bank sentral Inggris menyampaikan pandangan mereka tentang ekonomi Inggris. selain itu poundsterling inggris melemah juga disebabkan oleh rilis data mengenai produk domestik bruto yang cukup mengecewakan.

Pandangan ekonomi Inggris disampaikan oleh anggota pembuat kebijakan atau MPC Gertjan Vlieghe. Dia mengatakan lebih menyarankan agar BoE melakukan pemangkasan suku bunga sejak yang terakhir kali pada 2016 lalu. Pelonggaran ini dilakukan jika memang rilis data ekonomi terus mengalami perlambatan.

Komentar dovish dari Gertjan ini senada dengan apa yang dikatakan oleh Gubernur bank sentral Inggris Mark Carney. Beberapa anggota MPC lain juga mengatakan hal serupa seperti Silvana Tenreyro. Komentar dovish membuat para pedagang langsung berspekulasi mengamankan perdagangan dan membuat Poundsterling Inggris melemah.

Tenreyro menyampaikan komentar dalam sebuah acara dari Resolution Foundation dan mengatakan jika aturan dagang Inggris masih penuh ketidakpastian dan pertumbuhan global terus membuat permintaan merosot, maka pemangkasan suku bunga lebih dibutuhkan dalam waktu dekat.

Data Mengecewakan

Kondisi Poundsterling Inggris melemah semakin diperburuk dengan rilis data produk domestik bruto yang mengecewakan. Data itu dilaporkan berada pada level 0,3 persen pada bulan November dan 0,6 persen dalam tahunan dari sebelumnya di 1,0 persen. Sementara itu Kantor Statistik Inggris menyampaikan bahwa produksi pada sektor manufaktur mengalami penurunan 1,7 persen dari harapan awal dengan penurunan hanya 0,3 persen.

Robin Wilkins yang berasal dari Lloyds Bank mengatakan bahwa data yang mengecewakan terus membuat Poundsterling Inggris melemah saat awal pekan ini. Diperburuk dengan spekulasi pemangkasan suku bunga oleh BoE pada tahun 2020. Selanjutnya pada pedagang akan terus mengawasi komentar dari anggota BoE.

 

Baca Juga:   BoE Diprediksi Akan Memangkas Suku Bunga Akibat Inflasi Turun, Menunggu Pembaruan Data Ekonomi

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar