Poundsterling Inggris Tertahan Brexit Untuk Lebih Tinggi Terhadap Yen, Fokus Ke ECB dan Data AS

Pasangan mata uang Poundsterling Inggris terhadap Yen terlihat tertahan untuk melanjutkan kenaikan menuju ke titik paling tinggi dalam enam pekan terakhir. Tertahannya Pound terjadi setelah PM Boris kembali menyatakan janjinya untuk membawa keluar Inggris dari Uni Eropa tepat waktu pada 31 Oktober mendatang. Dia menyatakan keinginan untuk dilakukan pemilihan setelah parlemen dan untuk saat ini pasangan GBPJPY akan terfokus ke pernyataan kebijakan moneter dari bank sentral Eropa dan data mengenai tingkat inflasi konsumen dari AS.

Saat ini Poundsterling Inggris tertahan untuk mendaki lebih tinggi terhadap Yen dan berada di sekitar level harga 133,00 setelah sebelumnya mencapai 132,80 pada hari Rabu kemarin (11/9). Kenaikan Pound terjadi setelah adanya harapan pasar untuk terjadinya Brexit dengan kesepakatan atau soft Brexit. Pound sedikit berat untuk mendaki karena pasar lebih memilih menunggu katalis-katalis yang mampu menggerakkan pasar di hari Kamis ini (12/9).

Sebelumnya pemerintah Inggris yang dipimpin oleh PM Boris telah gagal untuk melanjutkan usaha-usahanya karena terganjal parlemen. Namun walaupun begitu, dia telah berhasil untuk membekukan parlemen Inggris sampai dengan tanggal 14 Oktober mendatang. Saat ini dikabarkan kemungkinan PM Boris akan mulai melepaskan ketegasannya mengenai backstop Irlandia utara.

Namun saat ini risiko yang sedang membayangi masa depan Poundsterling Inggris adalah langkah-langkah yang dilakukan oleh PM Boris. Dia melakukan segala upaya untuk bisa mendapatkan dukungan agar dilangsungkannya pemilihan parlemen. Jika hal ini terjadi maka anggota parlemen akan diisi oleh orang-orang yang memberi dukungan kepada Boris.

Dia juga terus menjanjikan akan meninggalkan Uni Eropa tepat waktu pada 31 Oktober mendatang. Kondisi ini yang membuat hard Brexit masih tetap menjadi ancaman nyata. Pernyataan kebijakan moneter dari bank sentral Eropa pada hari ini dan rilis data dari AS akan menjadi fokus pasangan GBPJPY selanjutnya,

Baca Juga:   Yen Jepang Tidak Mampu Melawan Pemulihan USD Pasca Data Negatif, USDJPY Menuju Ke 106,23

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar