Poundsterling Inggris Menjadi Mata Uang Dengan Peluang Melemah Terbesar

Berdasarkan sebuah hasil riset dari Bank of America, mata uang Poundsterling Inggris bisa mengalami lonjakan volatilitas dan penurunan likuiditas. Kondisi itu bisa terjadi dengan nilai yang cukup signifikan sejak gejolak yang juga terjadi pada saat referendum Brexit pada tahun 2016 lalu. Beberapa masalah akan berpeluang menyebabkan Poundsterling Inggris melemah.

Ahli analisa yang berasal dari Societe Generale mengatakan bahwa ada potensi Pound melemah. Dua masalah yang membebani yaitu pertama kekhawatiran investor terhadap pandemi virus Corona yang belum ada perbaikan signifikan. Kemudian masalah kedua adalah ancaman hard Brexit atau Brexit tanpa kesepakatan mendekati akhir tahun 2020 ini.

Pendapat analisa tersebut didasarkan pada sesi pembicaraan Inggris dan Uni Eropa yang akan berlangsung kembali pada Juli mendatang. Walaupun PM Boris sendiri mengatakan bahwa pada pembicaraan tersebut paling tidak sudah ada garis besar yang disetujui kedua pihak. Tapi risiko mengenai Brexit tanpa kesepakatan akan tetap menghantui pada investor global. Karena itu akan menghambat pemulihan ekonomi Inggris pasca virus Corona ini.

Rentan Melemah

Kit Juckes dari Societe Generale mengatakan bahwa Poundsterling Inggris sangat rentan terhadap berita dari dunia yang negatif. Apalagi masalah Brexit sangat tidak mudah bagi ekonomi jika memang terjadi tanpa kesepakatan. Jika dibandingkan dengan negara-negara lain, mata uang negara Inggris ini jauh lebih rentan mengalami pelemahan. Karena masalah-masalah yang masih belum ada kepastian apapun.

Juckes juga menambahkan dua masalah sama-sama buruk yaitu Brexit dan pandemi virus Corona. Jika keduanya sama-sama negatif, maka akan menjadi tantangan yang sangat besar bagi mata uang Pound. Karena banyak pihak yang mengharapkan ekonomi Inggris akan bangkit pasca pandemi jika ada kesepakatan antara Inggris dan Uni Eropa. Tapi jika tidak, maka ekonomi akan sulit bangkit dan membebani Pound.

 

Baca Juga:   Data Ekonomi Australia Terus Dilaporkan Membaik Setelah Pembukaan Lockdown

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar