Poundsterling Inggris Melonjak Tinggi Setelah Rilis Hasil Pemilihan Umum

Perdagangan di sekitar mata uang Poundsterling Inggris mengalami lonjakan yang sangat besar beberapa jam terakhir. Poundsterling melonjak terhadap Dolar New Zealand dan saat ini berada di sekitar level harga 2,0362. Hasil itu diwakili dengan kenaikan sepanjang hari Jumat (13/12) sebesar 2,09 persen. Lonjakan yang paling besar sejak tiga tahun terakhir pada 10 November 2016 lalu.

Lonjakan permintaan Poundsterling Inggris terjadi setelah diumumkannya hasil pemilihan umum parlemen sejak kemarin. Dalam pemilihan tersebut menampilkan hasil dengan kemenangan yang diraih oleh partai Konservatif di bawah pimpinan PM Boris. Hasil pemilihan itu juga berpotensi menjadi hasil yang paling besar sejak masa Margaret Thatcher.

Pasar Sangat Hati-hati

Para pelaku pasar dan investor sejak awal pekan kemarin sudah bersiap-siap menunggu hasil pemilihan umum Inggris ini. Pasalnya jajak pendapat sebelum pemilihan terus membuat mereka merasakan kekhawatiran. Hasil pemilihan akan menentukan bagaimana alur perjalanan Brexit selanjutnya di bawah kepemimpinan PM Boris dengan tenggat waktu pada akhir Januari 2020 mendatang.

Berdasarkan pendapat dari editor Bloomberg Brexit, Edward Evans dengan kemenangan ini maka Konservatif akan memperbaiki janjinya. Salah satu langkah cepat mereka adalah dengan mengganti Gubernur bank sentral Inggris dengan kandidat yang baru. Kemenangan Tory ini mungkin juga sudah diprediksi oleh para pelaku pasar. Hal itu terlihat dari lonjakan permintaan pasangan GBPUSD dua bulan ini.

Walaupun permintaan Poundsterling Inggris sempat mengalami kenaikan dan penurunan karena dinamika politik Inggris. Dengan hasil kemenangan partai Konservatif ini maka telah mengkonfirmasi kenaikan-kenaikan Poundsterling yang terjadi sebelumnya. 

Kemungkinan setelah pengumuman hasil pemilihan umum Inggris, pasangan GBPNZD hanya akan mengalami kenaikan tipis saja. Sentimen risiko pasar akan menjadi penggerak pasangan tersebut untuk beberapa waktu ke depan.

 

Baca Juga:   Trump Meminta Kepada Fed Agar Suku Bunga AS Negatif, Apa Saja Kelebihannya?

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar