Pertemuan Kebijakan Semalam, Fed Mempertahankan Suku Bunga AS

Bank sentral AS saat Rabu dini hari tadi telah memutuskan untuk tidak melakukan perubahan pada suku bunga AS. Dilansir dari Reuters, Fed memberikan pertanda bahwa biaya pinjaman mungkin tidak mengalami perubahan tanpa adanya pembatasan waktu. Keputusan tersebut diambil oleh Fed didasarkan pada pertimbangan kondisi ekonomi AS yang terus tumbuh dan pengangguran yang terus turun. Diprediksi kondisi ini akan terus berlangsung sampai pemilihan Presiden AS 2020.

Ketua Fed, Powell mengatakan percaya bahwa kebijakan-kebijakan yang diberlakukan difungsikan untuk melayani rakyat AS dalam bentuk mendukung ekonomi yang terus tumbuh, bursa tenaga kerja yang kuat dan angka inflasi yang semakin dekat dengan target di 2 persen.

Dalam pertemuan kebijakan moneter FOMC semalam, sebagian besar anggota yaitu 13 dari keseluruhan 17 memprediksi tidak akan ada perubahan suku bunga AS sampai 2021 mendatang. Sementara itu sisanya memproyeksikan akan ada kenaikan suku bunga sekali pada tahun 2020. Para pembuat kebijakan juga tidak memberi saran untuk level suku bunga yang lebih rendah lagi pada tahun 2020.

Tetap Berhati-hati

Namun, bank sentral AS mencatat bahwa risiko dari luar negeri harus terus diperhatikan di tengah perang dagang yang belum usai antara AS-China. Pasalnya level inflasi masih cukup rendah dari apa yang ditargetkan oleh bank sentral. Walaupun tingkat pengangguran telah anjlok menuju ke level paling rendah 50 tahun terakhir. Inflasi yang lebih tinggi dipandang akan sulit terjadi.

Sebelumnya bank sentral AS telah melakukan pemangkasan suku bunga AS sebanyak tiga kali sepanjang tahun 2019. Powell sendiri mengatakan bahwa untuk bisa melihat efek suku bunga yang rendah, memerlukan waktu yang cukup lama. Hasil kebijakan moneter semalam yang menggambarkan Fed tetap bertahan dan menghapuskan potensi kejutan kenaikan pada materil inflasi.

Baca Juga:   Rupiah Indonesia Menguat Setelah Pengumuman Kabinet, Fokus Ke Suku Bunga Dari Bank Indonesia

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar