Pergerakan Naik EURUSD Akan Menantang Level-level yang Lebih Tinggi

Pergerakan EURUSD naik sudah terjadi beberapa pekan terakhir. Sementara itu beberapa waktu terakhir pasangan bergerak sedikit turun menuju ke nilai tukar 1,26 dan kehilangan catatan positif yang terjadi sebelumnya. Tapi secara luas kenaikan permintaan mata uang Euro masih terus berpotensi terjadi. Karena Uni Eropa telah mencapai kesepakatan dana pemulihan yang ditunggu banyak pihak.

Bahkan karena optimisme itu juga, EURUSD naik dalam lima hari terakhir tanpa ada jeda dan mencatatkan kenaikan sampai 200 pip. Itu menjadi catatan positif yang jarang dicapai oleh pasangan mata uang EURUSD.

Semenara itu aksi penurunan beberapa waktu terakhir dikaitkan dengan langkah ambil keuntungan dari para pelaku pasar dan investor global. Selain itu penurunan juga ada yang mengaitkan dengan penurunan sentimen risiko global. Penyebabnya adalah konflik antara AS dan China yang kembali memanas dan berisiko terus memburuk lagi.

Kemudian data ekonomi Jerman yang dilaporkan cukup mengecewakan turu mengambil andil pada penurunan EURUSD baru-baru ini. Meski data Jerman mengenai sentimen konsumen pada GFK Consumer Confidence Survey melonjak ke -0,3 dibandingkan data sebelumnya yang sangat suram di -9,4.

Data Ekonomi AS Di Tengah Pandemi

Kemarin AS juga merilis data mengenai Existing Home Sales dengan hasil yang naik sampai 4,72 juta dalam tahunan lebih tinggi dari sebelumnya di 3,91 juta. Mungkin data ini yang berusaha mengakhiri EURUSD naik beberapa hari terakhir.

Sayangnya data mengenai klaim pengangguran dalam hitungan pekan AS kembali mencatatkan hasil yang mengecewakan menuju ke 1.416.000 nak 109.000. Dengan ini upaya pergerakan positif setelah data Existing Home Sales mungkin akan runtuh. Sehingga pasangan EURUSD masih memiliki peluang untuk mencatatkan kenaikan-kenaikan yang lebih tinggi lagi. Tapi ada juga yang melihat mungkin pasangan akan mengoreksi kenaikan sebelum naik kembali.

 

Baca Juga:   Analisa Forex GBPUSD, EURUSD, AUDUSD, USDJPY 21/03/2019

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar